Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

Pj Bupati Puncak Jaya didampingi Kapolres dan Dandim saat menghadiri rapat koordinasi pengamanan sidang pleno Pemilu 2024/ProkompimPj

MULIA, wartaplus.com - Penjabat Bupati Puncak Jaya Dr. H. Tumiran, S.Sos, M.AP menghadiri rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan Sidang Pleno Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Puncak Jaya. Rapat berlangsung di Aula Malpolres Puncak Jaya, Rabu (21/02/24).

Rakor dihadiri Kapolres Puncak Jaya AKBP. Kuswara, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Irawan Setya Kusuma, Pj Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Serta Pimpinan Satgas, dan Ketua Klasis Mulia Pdt. Telius Wonda.

Dalam rakor, Kapolres menegaskan bahwa pihaknya bersama TNI telah mempersiapkan personil untuk mengawal dan mengamankan sidang pleno.

“Kita berharap tidak ada perselisihan yang menyebabkan keributan dan kerugian bagi masyarakat sendiri, kami juga berharap sidang pleno dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tegas Kapolres Kuswara.

Ia menjelaskan, jika pihaknya akan melakukan razia senjata tajam berkelanjutan dimulai Kamis besok.

“Mulai besok kami tidak akan memberikan toleransi terkait senjata tajam yang dibawa, bila ditemukan akan kami sita” tegasnya.
Di kesempatan yang sama, Pj Bupati menekankan bahwa seluruh personil keamanan harus fokus dan terlibat aktif dalam mengamankan sidang pleno nanti.

“Salah satu upaya bersama untuk meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban di Kabupaten Puncak Jaya ialah dengan razia sajam,” tegas Pj Bupati.

Ia berharap, aparat keamanan dapat memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat, juga mampu melakukan pencegahan dan menangkal ancaman gangguan kamtibmas untuk mewujudkan sidang pleno berjalan dengan aman dan lancar serta damai.

Senada dengan itu, Dandim 1714/PJ Letkol Inf Irawan Setyawan menambahkan, pihaknya bersama Polres bertanggung jawab atas kondusifitas keamanan Kabupaten Puncak Jaya.

"Kita berharap kejadian keributan beberapa waktu lalu tidak terulang kembali, kita juga menghindari sabotase yang bisa saja terjadi sehingga berpotensi terjadinya keributan serta melakukan patroli rutin sebagai cipta kondisi dan memonitor situasi,” kata Dandim.

Dengan dilaksanakannya rapat koordinasi ini, diharapkan seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Puncak Jaya dapat menciptakan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Puncak Jaya.(adv/valent)