Peresmian PLTMH Anggi, Gubernur Waterpauw: Indonesia Terang, Papua Barat Terang, Pegunungan Arfak Terang

Foto bersama peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro  (PLTMH) di Anggi 150 Kw di desa Upper Kabupaten Pengunungan Arfak, Rabu (7/6/2022) sore

PEGUNUNGAN ARFAK,wartaplus.com - "Pertama-tama kita memanjatkan syukur kepada Tuhan karena pada hari ini kita dapat berkumpul ditempat ini dalam rangka peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro  (PLTMH) di Anggi 150 Kw di desa Upper Kabupaten Pengunungan Arfak,"ujar Pejabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw., M.Si, Rabu (7/6/2022) sore.

Dalam peresmian tersebut tampak hadir dihadiri Bupati  Ketua TP PKK Papua Barat  Ny. Roma Megawanty. P, S. Kom. M. Si, Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy, Wakil Bupati Marinus Mandacan , para pejabat PLN, para tokoh adat dan pemilik hak ulayat, Kapolres dan Dandim Pegunungan Arfak.

"Peresmian pembangkit listrik yang menggunakan air sumber daya alam yang kita miliki, merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat di Pegunungan Arfak,"ujarnya.

Dikatakan, peresmian ini menunjukkan bahwa negara atau pemerintah hadir di Pegunungan Arfak dengan pembangunan  untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan pembangkit listrik yang dibangun dengan anggaran apbn melalui kementerian SDM adalah bagian penting dari kebijakan bapak presiden dalam mewujudkan program Indonesia Terang  Papua Barat Terang serta Pegunungan Arfak terang,"ujarnya.

Oleh karena, kata Gubernur Waterpauw,  atas nama pemerintah, saya meminta perhatian pemerintah Kabupaten. Pegunungan Arfak dan seluruh masyarakat untuk memanfaatkan dan memelihara asset ini bersama PT. PLN yang akan mengoperasikannya agar pemanfaatannya lebih lama dan membawa kesejahteraan serta peningkatan ekonomi masyarakat yang lebih baik.

"Pembangunan infrastruktur kelistrikan juga dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi Provinsi Papua Barat serta kebijakan untuk memperkuat ketahanan energi daerah,"ujarnya.

Pada kesempatan ini, kata Gubernur Waterpauw, atas nama pemerintah dan masyarakat di Provinsi Papua Barat dan secara khusus di Pegunungan Arfak kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 

"Yang telah berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas SDM serta Pemda Pegaf sehingga pembangunan  dapat berjalan dengan baik dan dapat diresmikan pengoperasiannya,"ujarnya.*