Pesawat Trigana Air Diberondong Peluru, Satu Orang Terluka

Tampak bekas tembakan yang menembus badan pesawat Trigana Air/ Istimewa

DEKAI,wartaplus.com - Pesawat Trigana Air PK YSC Boing 373-500 yang membawa 66 penumpang dari Bandara Nop Goliat Dekai menuju Bandara Sentani ditembak Orang Tak Dikenal (OTK) pada Sabtu (11/03/2023) siang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, menjelaskan penembakan pesawat Trigana Air dilakukan sebanyak dua kali saat landing dan take off dari ujung Bandara Dekai tepatnya dari Kali Brasa.

“ Penembakan dilakukan saat landing sebanyak empat kali, kemudian pada saat take off terdapat lima kali bunyi tembakan. Meski begitu pesawat tetap terbang hingga tiba di Bandara Sentani dengan selamat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu (11/03/2023) malam.

Benny menyebut, akibat tembakan pada saat take off, menyebabkan satu orang penumpang tujuan Jayapura terluka.

“ Akibat tembakan itu, ada satu peluru yang menembus badan pesawat dan mengenai penumpang di dalam pesawat,” terangnya.

Lanjut Kabid Humas, pasca penembakan pesawat, tim gabungan TNI-Polri kemudian melakukan penyisiran dan berhasil mengamankan tujuh orang disekitar lokasi kejadian.

“ Pada saat melakukan penyisiran, tim gabungan mengamankan tujuh orang di sekitar lokasi kejadian berserta barang bukti berupa tiga unit motor, panah, busur dan alat tajam,” bebernya.

Ketujuh warga lalu diamankan ke Mapolres Yahukimo untuk dimintai keterangan sekaligus mencari senjata api yang digunakan.

“ Ketujuh orang sudah diamankan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan mencari barang bukti senjata api yang dipakai untuk melakukan penembakan,” tandasnya.*