Pencarian Pilot Susi Air Menemukan Titik Terang

Kapten Philip bersama pimpinan KKB, Egianus Kogoya/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Upaya pencarian terhadap Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Merthens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Egianus Kogoya menemui titik terang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Prabowo, menyebut, tim negosiasi yang dikirim sudah bertemu dengan kelompok bersenjata Egianus, namun hasilnya belum dapat disampaikan karena dapat menghambat proses pembebasan.

“ Aparat gabungan TNI-Polri terus memaksimalkan upaya pencarian dan kita sudah berhasil mendapatkan titik terang, namun kita tidak bisa jelaskan detailnnya karena akan mengganggu upaya pencarian dan penyelamatan pilot susi air tersebut,” katanya ketika ditemui di Media Center Polda Papua pada Selasa (21/02) sore.

Kombes Benny juga memastikan bahwa hingga kini kondisi Pilot Susi Air Philips Max Marthens dalam keadaan sehat dan masih berada di tangan KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“ Informasi yang didapat bahwa kondisi masih dalam keadaan sehat, namun hingga saat ini masih berada ditangan kelompok bersenjata. Tentunya keselamatan pilot ini adalah yang utama,” bebernya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri, mengatakan, upaya penyelamatan pilot susi air menggunakan dua cara yakni dengan menurunkan anggota dilapangan serta menjalin komunikasi dengan para tokoh.

“ Melalui para tokoh kami upayakan agar terjalin komunikasi serta negosiasi agar kami dapat mengetahui apa saja yang diinginkan kelompok tersebut dan agar kami selalu mengetahui kondisi serta keadaan pilot itu sendiri,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura.

Mathius Fakhiri juga mengatakan bahwa atase Selandia Baru juga mempercayakan hal ini kepada TNI-Polri dengan harapan agar warganya dapat kembali dengan selamat dan sehat.

“ Tentunya ini juga menjadi tanggung jawab kami sebagai pihak keamanan dan akan kami upayakan secara ekstra maksimal serta kehati-hatian agar semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Ini juga membutuhkan dukungan dari semua pihak terlebih masyarakat sekitar,” tandasnya.**