Satgas Ops Damai Cartenz Temukan Dokumen, dan Berbagai Alat Propaganda Milik KKB Nduga

Barang bukti yang ditemukan Satgas Ops Damai Cartenz yang diduga milik KKB pimpinan Egianus Kogoya/dok:Humas Ops Damai Cartenz

TIMIKA, wartaplus.com - Satgas Ops Damai Cartenz 2023, berhasil mengamankan sejumlah dokumen dan berbagai alat propaganda milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogoya, Sabtu, (18/02).

Barang-barang temuan tersebut didapatkan saat personil gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz 2023 melakukan patroli di wilayah kampung Yutpul, Distrik Kilmid area Lokasi Gunung Wea, Distrik Paro Kabupaten Nduga.

Ka Ops Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos, S.I.K, M.H., kepada wartawan membenarkan temuan tersebut.

“Kita melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB di Kabupaten Nduga., tepatnya di kampung Yutpul, Distrik Kilmid, kami berhasil mendapatkan berbagai barang-barang yang diduga merupakan barang milik KKB yang digunakan selama ini untuk melakukan proganda,” ungkap Faizal.

Ia menyebut, ada sebanyak 39 barang yang berhasil didata diantara sejumlah dokumen surat dan alat alat propaganda seperti kamera besar, TV, handphone, radio HT, hingga kabel dan power bank serta barang lainya.

“Barang-barang temuan tersebut telah kami amankan, dan sudah kami serahkan kepada penyidik Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Faizal.

Seperti diketahui, saat ini Satgas Ops Damai Cartenz bersama TNI sedang melakukan tindakan penegakan hukum terhadap kasus pembakaran pesawat Susi Air yang dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya yang terjadi di lapangan terbang Distrik Paro, Selasa, 9 Februari 2023.

Tidak hanya membakar pesawat, Egianus dan kelompoknya juga menahan pilot Kapten Philip Mark Mehrtens.**