Lewat Pameran UMKM dan Seminar Ekonomi, PDIP Hadir Jawab Kebutuhan Masyarakat Papua

Ketua DPD PDIP Papua, Herry Ario Naap menggunting pita sebagai simbolis pembukaan pameran UMKM , seminar ekonomi, dan pesta rakyat di GOR Cenderawasih Jayapura, Rabu (08/02)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Sehari jelang pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) Provinsi Papua, digelar Pameran UMKM dan Festival Rakyat serta Seminar Ekonomi yang berlangsung di Gedung Olahraga Cenderawasih (GOR) Jayapura, di APO Kota Jayapura, Rabu (08/02) siang.

Rangkaian kegiatan dibuka secara simbolis oleh Ketua DPD PDIP Papua, Herry Ario Naap dan dihadiri oleh jajaran pengurus DPD, para kader dan simpatisan partai berlambang banteng moncong putih ini.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PDIP Papua Herry Ario Naap mengatakan, kegiatan pesta rakyat yang diisi pameran UMKM dan juga seminar digelar dalam rangka memperingati HUT PDIP ke 50 tahun dan HUT Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, serta dalam rangka pelantikan pengurus DPD PDIP Papua yang akan dilaksanakan Rabu (09/02) besok.

"Jadi DPD PDIP Papua melakukan rangkaian kegiatan yang diawali dengan pameran UMKM selanjutnya adalah seminar, hiburan atau pesta rakyat bagi masyarakat di Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura. Dan besok acara ini akan dilanjutkan dengan pelantikan," ungkap Bupati Biak Numfor ini.

Di kesempatan itu, ia mengajak seluruh kader dan seluruh simpatisan PDIP di Papua untuk memperhatikan konstelasi kondisi sosial ekonomi, budaya dan politik di Papua saat ini dalam sebuah kacamata yang jelas.

"Harus dibangun ekonomi kerakyatan yang matang bagi rakyat Papua. Berkaitan dengan itu, PDIP hadir untuk menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Papua saat ini, di mana rakyat Papua dibutuhkan saat ini adalah makan, perut ini kenyang dan dompet terisi, maka yang lain akan menyesuaikan," ungkapnya lagi.

Lanjut Herry Naap, setiap Pengurus PDIP hari ini ditugaskan oleh Ketum PDIP  Megawati  Soekarnoputri bahwa yang pertama adalah bagaimana ekonomi kerakyatan dibangun, dan yang kedua soal pencegahan stunting termasuk di Papua yang cukup meningkat khususnya bagi orang asli Papua (OAP). 

"Kita  punya laut yang luas dengan potensi maritim yang luar biasa, kita punya potensi tanah yang subur. Oleh karena itu, jadi tugas kami yang diamanatkan oleh Ketum PDIP untuk bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan dan ini yang menjadi tugas kami selaku pengurus DPD perjuangan bersama 9 DPC di wilayah Provinsi Papua," tutupnya.

Sebelumnya, Sekertaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Surya I.B. Syafaat menjelaskan, kegiatan pameran, seminar dan pesta rakyat melibatkan berbagai stakeholder. Semisal pameran UMKM dengan 42 peserta, ini merupakan binaan PDIP dari Kabupaten dan Kota Jayapura, Biak Numfor, Keerom bahkan dari Paniai.

Kemudian kegiatan seminar tentang ekonomi kreatif berbasis digital.

"Ini kita fokuskan kepada kelompok-kelompok milenial, dan tentu ada pesta budaya dan hiburan-hiburan lainnya yang diisi oleh grup musik/band anak anak papua, serta sanggar seni dan budaya yang ada di Papua," jelas Surya.**