Kunjungan Kerja RI 2 di Papua Berjalan Aman dan Lancar

Kendaraan yang membawa Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin saat meninggalkan tempat penginapannya di Kota Jayapura /Istimewa

SENTANI, wartaplus.com - Rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden (RI 2) KH. Ma'ruf Amin selama dua hari (28 - 29 November 2022) di Papua yang dipusatkan di Kota Jayapura berjalan aman dan lancar.

Agenda utama kunjungan Wapres Ma'ruf Amin adalah dalam rangka meresmikan kantor Sekertariat Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau disebut Badan Pengarah  Papua (BPP) yang berada di Gedung Keuangan Negara (GKN) jalan Ahmad Yani, Kota Jayapura, Selasa (29/11).

Selain meresmikan kantor sekertariat, Wapres yang juga selaku Ketua Tim BPP menggelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah, MRP dan DPRP serta Tokoh Agama.

Untuk diketahui, BP3OKP atau BPP adalah badan yang dibentuk dan berfokus pada upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua.

Komandan Korem 172/PWY Brigadir Jenderal TNI J.O. Sembiring Selaku Komandan Satgas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil)  menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kelancaran kunjungan kerja Wapres.

"Selaku Dansatgas Pamwil Kunker Wapres di Kota dan Kabupaten Jayapura, saya sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang mendukung kelancaran (kegiatan) ini," ucap Danrem saat ditemui wartawan di Gereja GIDI El Roy, di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

"Kemudian hari ini (Senin, 29 November) beliau berangkat ke wilayah lain untuk melanjutkan kunjungan kerja, dan seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar," sambung Danrem.

Terkait batalnya pertemuan Wapres bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) yang sedianya berlangsung di Gereja GIDI Jemaat El-Roi Kampung Asei Kecil, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Danrem menjelaskan, pertemuan dialihkan ke Gedung Keuangan Negara (GKN) Kota Jayapura.

"Pertemuan dengan PGGP tetap dilaksanakan namun dialihkan ke Gedung Keuangan Negara dengan pertimbangan agar mobilitas tidak terlalu banyak, dan waktunya yang cukup sempit, jadi pihak prokoler melaksanakan pertemuan disana," jelasnya.

Ia menambahkan, meski tokoh-tokoh gereja sudah mengikuti kegiatan di Kota Jayapura, namun pihaknya tetap melakukan pengamanan di Gereja El-Roy Asei Kecil Sentani.

"Pada intinya kami harus memastikan bahwa semua kegiatan di tempat ini berjalan aman, dan saya berterima kasih kepada segenap masyarakat yang ada di wilayah ini," tegasnya.

Untuk pengamanan kunjungan Wapres, sebanyak 3200 personel gabungan TNI Polri disiagakan di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura.

Usai pertemuan, Wapres bersama rombongan langsung menuju Bandara Sentani untuk selanjutnya melanjutkan kunjungan kerjanya ke Merauke, Papua Selatan.**