Antisipasi Kebakaran, Sekda Puncak Jaya Larang Keras Masyarakat Timbun BBM di Rumah

Sekda Puncak Jaya, Tumiran, S.Sos. M.AP/dok: ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Sekretaris Daerah Puncak Jaya, Tumiran, S.Sos, M.AP memberikan peringatan keras kepada masyarakat agar tidak melakukan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) di rumahnya, guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Ini ditegaskan Sekda Tumiran saat memimpin apel gabungan Senin (17/10) pagi di halaman kantor Bupati setempat.

Seperti diketahui, pada Sabtu (15/10) telah terjadi kebakaran yang menghanguskan 17 kios dan 7 ruko di pasar lama Kota Baru. Pemicu kebakaran diduga akibat kompor yang meledak.

Terkait musibah kebakaran ini, Sekda Tumiran secara serius memberikan penekanan terkait kecerobohan dalam penyimpanan BBM dan penggunaan kompor minyak/gas yang tidak hati-hati. 

“Peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Lama Kota Baru beberapa waktu lalu, agar dapat dijadikan pelajaran oleh ASN dan masyarakat untuk selalu waspada,”katanya mengingatkan.

Ia mengimbau mengimbau kepada seluruh ASN dan masyarakat agar tidak menimbun dan menyimpan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam rumah. “Menyikapi situasi dan kondisi yang terjadi atas musibah beberapa waktu lalu, saya menyampaikan kepada seluruh ASN untuk bersama-sama waspada menjaga kondisi lingkungan tempat tinggal dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan,” tegas imbaunya.

Menurut ia, musibah kebakaran biasanya terjadi karena kecerobohan dari diri kita sendiri.

“Penyimpanan BBM harus memiliki tempat yang sesuai dengan standar. Masyarakat tidak boleh menyimpan BBM  secara berlebihan karena dapat menimbulkan resiko, yang jika terjadi hal yang tidak diinginkan juga akan berdampak bukan hanya bagi diri sendiri namun juga merugikan orang lain yang tinggal berdekatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Sekda juga mengingatkan OPD yang mempunyai kegiatan fisik maupun non fisik dan juga kegiatan yang bersifat rutin untuk mempersiapkan SPJ. 

Bagi OPD yang masih mengerjakan kegiatan fisik, Sekda meminta agar segera dikejar penyelesaian pekerjaannya. "Agar supaya kita bisa mempertahankan apa yang sudah kita capai yaitu dengan predikat WTP kita tidak boleh mengalami penurunan. Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya bukan keberhasilan pimpinan, melainkan keberhasilan kita semua," ujar Sekda Tumiran.

Menutup amanatnya, Sekda Tumiran mengatakan hasil proyek pembangunan yang sudah rampung akan dirangkaikan dengan penyerahan bantuan modal usaha bagi Lembaga Keagamaan dan Wirausaha Muda Tingkat Distrik akan dilakukan peresmian dalam waktu dekat oleh Bupati Puncak Jaya.(Adv/ProkopimPJ)