Kodim Yahukimo Bersama Puskemas Aplim Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Personil Kodim Yahukimo bersama petugas medis Puskesmas Aplim menyambangi rumah warga di Kampung Kokomu beri pelayanan kesehatan gratis/dok:Penrem172

DEKAI, wartaplus.com - Guna membantu pemerintah dalam peningkatan kesehatan masyarakat Papua, sebanyak 35 Personel Kodim 1715/ Yahukimo bersama petugas Puskesmas Aplim turun langsung ke rumah rumah warga, memberikan pelayanan kesehatan gratis termasuk pelayanan KB kepada para ibu di Kampung Kokamu, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Jumat (16/09/22).

Kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan kesehatan tanpa biaya kepada masyarakat di segala usia, mulai dari anak hingga lanjut usia (Lansia). Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan  konsultasi keluhan kesehatan.

Dalam kegiatan pengobatan massal tersebut, Bakes (Bintara kesehatan) Kodim 1715/ Yahukimo Sertu Segar beserta dokter dari puskesmas Aplim Kabupaten Yahukimo, Dokter Yonri kukus memeriksa setiap pasien dengan cara wawancara dan pemeriksaan fisik, memberikan konseling dan penyuluhan singkat terhadap pasien, menentukan diagnosis serta memberikan resep obat yang bersifat simptomatik sesuai dengan penyakit yang di derita oleh pasien.

Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool S.sos  saat dihubungi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Kodim 1715/Yahukimo bersama pemerintah daerah dalam hal ini Puskesmas Aplim Kabupaten Yahukimo.

"Ini sebagai wujud  nyata hadirnya Kodim dan pemerintah daerah dalam menangani permasalahan kesehatan masyarakat yang susah di jangkau khususnya daerah pedalaman, sehingga memudahkan masyarakat untuk berobat tanpa harus pergi ke puskesmas lagi. Jadi kami ingin jemput bola dengan terjun langsung ke lapangan," katanya.

Selain mendirikan tenda kesehatan, lanjut Dandim, para personel kesehatan Kodim 1715/Yahukimo dan petugas Puskesmas juga melaksanakan pengobatan 'door to door' dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat. 

"Ada beberapa masyarakat yang tidak dapat datang berobat di pos kesehatan yang kami dirikan sebab dalam kondisi sakit di rumahnya. Untuk itu, kami merespon dengan mendatangi lalu melakukan tindakan pengobatan di tempat sambil kita pantau terus," jelasnya. 

Andi Baimoka, salah satu warga Kokamu menyampaikan terima kasih dan merasa terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan ini.

"Saya merasa terbantu karena tidak perlu mengunjungi rumah sakit yang jauh lagi karena sudah Ada Tim kesehatan dari kodim dan puskesmas Aplim yang membantu saya dan masyarakat lain yang ada di kampung Kokamu ini untuk itu saya sangat berterimakasih," ujarnya.**