Lantamal X Jayapura Gelar Upacara Peringatan Hut ke-77 RI di Bawah Laut Perairan Pasifik

Pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hut ke-77 Kemerdekaan RI dibawah perairan laut pasifik/dok:PenLantamal X

JAYAPURA, wartaplus.com - Lantamal X Jayapura menggelar upacara peringatan Hut ke-77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di bawah laut perairan pasifik, Rabu, 17 Agustus 2022.

Upacara dipimpin langsung Danlantamal X Brigjen TNI Mar Feryanto P. Marpaung selaku Inspektur Upacara, dan Danyonmarhanlan X Letkol Mar Agung Prasetyo sebagai Komandan Upacara dan diikuti oleh sejumlah unsur terkait. Upacara Hut kemerdekaan ditandai dengan pengibaran bendera merah putih.

Untuk diketahui, pengibaran bendera  merah putih dilaksanakan serentak oleh jajaran TNI AL di 77 titik Nusantara, sesuai dengan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono. 

Adapun tema tahun ini yaitu, "Membangun kejayaan Maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”.

Diawali dengan brifing serta  mempersiapkan perlengkapan di Dermaga Polairud Polda Papua, dipimpin Komandan Lantamal X dan diikuti sebanyak 77 peselam yang berasal Lantamal X Jayapura, Yonmarhanlan X, Kowal, Polairud, Polwan, Basarnas dan Possi Jayapura. 

Usai brifing, para peselam dengan menggunakan Sea Raider Satrol Lantamal X dan Polairud Polda Papua bergerak menuju titik penyelaman di kedalaman 12 meter..

Danlantamal X Jayapura selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa pada pelaksanaan upacara kali ini, TNI Angkatan Laut hanya mengizinkan penyelaman tidak lebih dari 15 meter di bawah permukaan Laut dan dilaksanakan dengan waktu 50 menit. 

"Kedepannya ini akan rutin dilaksanakan," ucap Danlantamal X.

"Kegiatan ini juga berhasil memecahkan rekor muri dengan 77 titik pengibaran bendera bawah laut dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Rote," ucapnya lagi.**