Bupati Puncak Jaya Tunjuk Mantan OPM Sebagai Pengawas Pembangunan

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM menyerahkan SK lima anggota Pengawas Pembangunan/dok:ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Bupati Puncak Jaya, Dr Yuni Wonda menunjuk lima orang diantaranya mantan anggota Organisasi Papua Merdeka atau Kelompok Separatis Bersenjata juga Tokoh Adat dan Tokoh Perempuan sebagai pengawas pembangunan.

Penunjukan ini sesuai SK Bupati nomor 188.45/27/KPTS/2022 tertanggal 17 Februari 2022 tentang Penunjukan Pengawas Pembangunan Kabupaten Puncak Jaya Tahun 2022.

Penyerahan SK langsung oleh Bupati di sela kegiatan apel gabungan Senin (27/06) pagi, di halaman kantor Bupati Puncak Jaya. Tampak hadir dalam apel, Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP beserta  para Asisten.

Kelimanya akan bertugas untuk mengawas pembangunan infrastruktur baik jalan maupun gedung. 

Ini merupakan terobosan Dr. Yuni Wonda sebagai salah satu upaya pemberdayaan dan pelibatannya dalam proses pembangunan Puncak Jaya dalam wadah NKRI. 

Pendekatan inilah yang patut diapresiasi sebagai pendekatan humanis dalam rangka memperlancar proses pembangunan di pelosok Puncak Jaya. 

"Secara garis besar, mereka berperan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat dan sekaligus menjamin keamanan pelaksanaan pembangunan yang dijamin insentif melalui APBD," ungkap Bupati Yuni. 

"Peran mereka sudah lama dilakukan namun, kali ini diberikan ruang dan peluang kepada mereka secara formal," sambung Yuni.

Sebagai bukti partisipasi kelima tim pengawas, Bupati Yuni memberikan bocoran "Dalam waktu dekat Pemda akan lakukan kunjungan ke distrik-distrik untuk peresmian beberapa proyek pembangunan. Oleh karena itu para Kepala Distrik harus tetap berada di wilayah masing-masing agar tetap kondusif," tukas Bupati.

Selain penyerahan SK, di kesempatan itu juga turut diserahkan Piagam  Penghargaan Nusantara Golden Award 2022 kepada Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, dalam kategori "Best Figure Visioner Regent 2022" yang disambut meriah para peserta apel gabungan.

Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi yang oleh majalah yang memang profesional dalam memberikan penilaian kepada sosok profil pemimpin yang berpengaruh dan berkinerja luar biasa. 

Bupati Yuni menjadi salah satu sosok yang dianggap sukses dari kategori Pemerintah(Government) dalam mempertahankan Zona Hijau dan eksis melibatkan semua stakeholder untuk bertahan dan konsisten dalam pencegahan dan penanganan selama Pandemi Covid-19. 

Dalam amanatnya, Bupati mengapresiasi sinergitas SKPD yang berhasil memberikan penilaian WTP untuk ketiga kalinya secara berturut.

"Prestasi ini harus dipertahankan," ucapnya bangga.

Menutup arahannya, Bupati mengimbau para Kepala Distrik untuk terus menjaga wilayah masing-masing agar tetap dalam keadaan kondusif. Ia juga mengapresiasi Kepala Distrik dan Kepala Kampung yang loyal menjaga stabilitas keamanan dilingkungan masing-masing sampai saat ini. (Adv/ProkopimPJ)