Plt Gubernur Papua Akan Dijemput Secara Adat

Ketua Dewan Adat Papua (DAP), Yan Pieter Yarangga, bersama panitia penjemputan saat memberikan keterangan kepada awak media di Kota Jayapura, Senin (26/2) sore/Fendi

JAYAPURA,- Dewan Adat Papua (DAP) siap menjemput kedatangan Plt gubernur papua, Mayjen TNI (Purn) Sudarmo di Bandara Sentani, Selasa (27/2) pagi.

Ketua Dewan Adat Papua, Yan Pieter Yarangga, kepada awak media di Kota Jayapura, mengatakan, penjemputan Plt gubernur papua adalah salah satu tugas pokok Dewan Adat Papua.

“Penjemputan ini adalah bagian pokok dari DAP, yakni menyelamatkan masyarakat, tanah, dan sumber daya alam Papua. Karena kita hadir untuk mengawal proses pembangunan yang terjadi di tanah Papua,” kata Yan Pieter Yarangga, kepada wartawan di Kota Jayapura, Senin (26/2) sore.

Dikatakan, dalam penjemputan nanti, Dewan Adat Papua akan memberikan petunjuk dan arahan bagi Plt gubernur dalam menjalankan tugas di papua, yakni mengawal dan menyukseskan pemilihan Gubernur Papua.

“Tugas yang lebih menonjol kali ini adalah pilkada serentak se-Indonesia. Untuk di Papua kita ada pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di 7 Kabupaten, sehingga tugas itu akan dikawal dan disukseskan dengan aman dan damai,” ujarnya.

Yan Pieter Yarangga juga menegaskan bahwa dalam pemilihan gubernur tahun 2018, Dewan Adat Papua bersama Plt Gubernur berdiri ada posisi netral dan tidak mendukung salah satu pasangan calon tertentu.

“Kaitan dengan itu, kami tegaskan bahwa Dewan Adat Papua berdiri independen dan netral dan tugas kami adalah bersama dengan Plt Gubernur mengawal dan sukseskan pesta demokrasi ini,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Adat Wilayah Mamta Tabi, Zadrak Taime, mengatakan, kedatangan karteker gubernur papua adalah sebuah kepercayaan negara kepada masyarakat Papua, sehingga Dewan Adat Papua akan menunjukkan bahwa Papua adalah tuan rumah yang baik.

“Kedatangan pak Sudarmo sebagai Plt Gubernur adalah hal yang luar biasa, karena kepercayaan negara kepada Papua, sehingga kami akan tampil sebagai tuan rumah yang sesungguhnya,” ucapnya.

“Kami nyatakan dari hati nurani kami, bahwa kami siap menerima kedatangan Plt Gubernur Papua ini, kami akan mendukung seluruh kebijakan dari beliau saat menjalankan tugas di Papua,” sambungnya.

Ia juga menegaskan bahwa, pihaknya akan turut berpartisipasi menjaga situasi keamanan di Tanah Papua pascapemilihan Gubernur Papua.Rencananya, Plt gubernur papua, Mayjen TNI (Purn) Sudarmo akan dijemput secara adat yakni proses injak piring, suling tambur, dan pemukulan tifa. [Fendi]