Beredar Foto Pendemo Tolak DOB Terluka di Medsos, Polisi Pastikan Hoax

Foto hoax yang beredar di medsos/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Polisi memastikan foto yang beredar di media sosial dengan narasi adalah massa yang terluka saat melakukan aksi demo tolak DOB di Jayapura hari ini, Jumat 3 Juni 2022 dipastikan adalah hoax.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Victor D. Mackbon, ketika dikonfirmasi, Jumat siang mengatakan foto foto yang beredar di media sosial Facebook dan juga grup whatsaap telah meresahkan masyarakat. 

Ia menegaskan foto tersebut adalah foto lama yang di upload ulang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Kami sudah cek postingan tersebut dan akan lakukan penyelidikan lebih lanjut dengan akun yang menyebarkan informasi hoax di media sosial Facebook," tegas Kapolresta Mackbon.

"Dalam postingan disebut ada massa aksi terluka di wilayah Expo namun kenyataannya di wilayah tersebut tidak ada massa yang melakukan aksi dan juga tidak dilakukan pembubaran paksa. Sedangkan di wilayah Uncen bawah kita lakukan pendekatan karena aksi demo menutupi jalan sehingga diambil tindakan terukur namun tidak ada korban,"jelasnya.

Kapolresta mengimbau kepada masyarakat tidak perlu cemas dan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan berita bohong/hoax.

"Situasi kamtibmas sampai siang ini di seputaran kota Jayapura khususnya di wilayah distrik Heram dan Abepura masih terpantau aman dan kondusif, aktivitas arus lalu lintas masih berjalan normal seperti biasanya," tegas mantan Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Papua ini.**