Wilayah Suru Suru Yahukimo Kini Aman Kondusif, Pasca Penyerangan KKB

Aksi pembakaran yang dilakukan KKB di Distrik Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo pada Agustus 2021 lalu/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Pasca penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata atau Kelompok Separatis Teroris (KKB/KST) terhadap aparat keamanan di Distrik Suru Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, pada November dan Desember 2021 lalu, kini wilayah tersebut dipastikan telah aman dan kondusif.

Seperti diketahui KKB melakukan penyerangan (penembakan) terhadap aparat keamanan Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil persiapan Suru-Suru, yang menyebabkan dua prajurit gugur dan dua lainnya terluka.

Pada November 2021 penembakan KKB menewaskan Sertu Ari Baskoro, kemudian awal Desember KKB kembali melakukan penyerangan dengan menembak mati Serda Putra Rahaldi dan melukai Praka Suheri.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H dalam keterangan persnya, Rabu (05/01/2022) menyatakan, secara umum sampai saat ini situasi di wilayah Kabupaten Yahukimo dalam keadaan kondusif, dimana masyarakat telah melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

"Informasi yang kami peroleh dari aparat kewilayahan di wilayah Yahukimo bahwa beberapa masyarakat di Suru Suru yang mengungsi ke sekitar kampung yang berdekatan dengan Suru Suru telah bertahap kembali ke kampung halamannya," kata Kapendam Aqsha.

Mengenai pemberitaan adanya seorang warga yang meninggal, Kapendam menegaskan, pemberitaan tersebut tidaklah benar atau hoax

"Dari Satuan Kewilayahan di Yahukimo telah berkoordinasi dengan Bupati dan Kapolres untuk mengecek kebenaran berita ini. Dan hasilnya sampai saat ini tidak ada korban dari warga yang meninggal di Suru Suru Yahukimo," bantahnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tetol yang mengatakan bahwa, untuk wilayah Suru-Suru saat ini kondusif dan warga beraktivitas seperti biasanya.

"Saya berharap situasi semakin kondusif, kami terus berkoordinasi dengan Bupati, Kapolres dan unsur Forkopimda serta elemen masyarakat lainnya untuk menciptakan situasi yang aman kondusif," kata Dandim 1715/Yahukimo.**