Berhasil Kembalikan Lima Pucuk Senpi dari KSB, Empat Prajurit TNI Naik Pangkat Luar Biasa

Pangdam XVII/Cenderawasih memimpin upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa empat prajurit yang berhasil menyita kembali lima pucuk senjata dari KSB, Kamis (11/11) lalu/dok.Pendam17

JAYAPURAwartaplus.com - Sebanyak empat prajurit TNI dari Kodam XVII/Cenderawasih yang melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah Kodim 1715/Yahukimo mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Kenaikan pangkat luar biasa diberikan atas prestasinya yang berhasil mendapatkan kembali lima pucuk senjata api dari Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) tanpa letusan peluru (kontak tembak).

Empat prajurit yang menerima kenaikan pangkat luar biasa adalah Eduardo Alfonsius Dimara yang naik pangkat dari Sertu menjadi Serka, Ruben Alexander Sinai dari Sertu menjadi Serka, Ari Netson Merahabia, Serda menjadi Sertu dan Hendri Yoktan Tenggawna pangkat lama Kopda menjadi Koptu.

Upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa dipimpin Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, bertempat di Aula Tonny A. Rompis, Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (11/11/2021) lalu.

Dalam kesempatan itu, Pangdam juga memberikan Piagam Penghargaan Kasad dalam Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) TA 2021 kepada Dandim 1712/Sarmi Korem 172/PWY, Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi yang telah berhasil menjadi Juara II Lomba Binter Kodim Tipe C.

Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan bahwa Binter sebagai fungsi utama memiliki peran sangat penting sebagai katalisator antara masyarakat dengan pemerintah.Sehingga aparat teritorial yang mengawaki harus memiliki keterampilan untuk dapat mengaplikasikan pelaksanaan Binter agar lebih berkualitas dan bermanfaat bagi terciptanya situasi kondusif di wilayah.

"Salah satu upaya pimpinan TNI AD untuk mengukur kinerja tiap Kodim adalah dengan cara melakukan kompetisi yang diikuti oleh seluruh Kodim jajaran TNI AD. Dalam pelaksanaan lomba tersebut, Kodim 1712/Sarmi berhasil mendapat penghargaan dari Bapak Kasad sebagai Juara II Lomba Binter Kodim Tipe C. Dengan prestasi tersebut kita patut bersyukur dan bangga karena ini menunjukkan komitmen dan profesionalisme dari Satuan Komando Kewilayahan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih," jelas Pangdam.

Ia juga mengungkapkan rasa bangganya kepada empat prajurit Kodam XVII/Cenderawasih yang dapat melaksanakan tugas binter dengan baik.

"Berkaitan dengan prestasi tersebut, saya memberikan penghargaan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari Bapak Kasad kepada keempat prajurit Kodim 1715/Yahukimo," ucap Pangdam

Ia berharap, prestasi yang telah diperoleh dapat meningkatkan motivasi, semangat dan dedikasi untuk memberikan pengabdian terbaik kepada Kodam XVII/Cenderawasih. 

"Selain itu diharapkan juga prestasi tersebut dapat menjadi contoh dan suri teladan bagi keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat Papua," harap Pangdam.

Hadir dalam pemberian penghargaan, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi bersama para pejabat Utama Kodam Cenderawasih, Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Natalia Yogo Triyono beserta jajaran pengurus.**