Gubernur Lantik Kapolda Papua Sebagai Ketua Kontingen PON

Penyerahan bendera pataka kontingen PON Papua dari Gubernur Lukas Enembe kepada Kapolda Irjen Pol Mathius D Fachiri/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURAwartaplus.com  – Gubernur Papua melantik Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fachiri sebagai Ketua Kontingen Papua yang akan bertanding di ajang PON XX

Pelantikan yang berlangsung di Stadion Mandala Kota Jayapura, Kamis (09/09) ini sekaligus secara simbolis Gubernur melepas sebanyak 1.312 yang terdiri 954 atlet, 234 pelatih dan asisten serta 133 ofisial

Danlanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budi Achmadi, M.Sc., Ketua Harian PB PON XX Papua Dr. Yunus Wonda, S.H, M.H., Ketua Harian PEPARNAS XVI Papua Doren Wakerkwa, SH., Kasdam XVII/Cenderawasih selaku Ketua Pusat Latihan KONI Papua Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, dan Walikota Jayapura Dr. Drs Benhur Tomi Mano, MM.

Dalam laporan Ketua Pusat Latihan KONI Provinsi Papua yang juga Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa saat ini kurang lebih 90 persen atlet Papua sudah kembali ke bumi cenderawasih sementara 10 persen masih berada diluar untuk mengikuti TC

Atlet yang sudah kembali ke Papua diantaranya di klaster Kota Jayapura yaitu cabor Karate, Taekwondo, Tinju, Tenis, Sepak Takraw, Sepatu Roda dan Renang Terbuka. 

klaster Kabupaten Jayapura yakni Baseball, Softball, Cricket, Polo Air, Muathai, Pencak Silat, Selam, Panahan, Loncat Indah, Renang Artistik, Sepak Bola Putra. Kluster Kabupaten Mimika yakni Terjun Payung, Bilyard, Panjat Tebing, Bola Tangan, Futsal, Judo. Lalu klaster Kabupaten Merauke yakni Anggar, Gulat, Wushu dan Sepak Bola Putri.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan Bapak Gubernur Papua sehingga seluruh kegiatan Puslat KONI Papua berjalan lancar. Kami juga berterima kasih kepada KONI Papua beserta jajaran atas kordinasi dan Kerjasama," ucap Bambang

Sementara itu Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya berpesan kepada seluruh atlet yang akan bertanding nanti untuk berjuang sungguh-sungguh demi kebanggaan Tanah Papua.

Sebab, ia mengaku selalu bermimpi Papua bisa menciptakan atlet-atlet yang berprestasi seperti Boaz Solossa, Lisa Rumbewas, Carol Renwarin, dan legenda-legenda olahraga lain yang berasal dari Bumi Cenderawasih.

"Saya percaya akan selalu lahir mutiara-mutiara baru dari tanah kita yang akan mengharumkan bangsa Indonesia di kancah dunia," ucapnya

Sebagai tuan rumah, Gubernur dua periode ini mematok target yang cukup tinggi bagi para atlet Papua yang akan berjuang nanti, yaitu finish di peringkat lima besar dengan total perolehan 84 medali emas.

"Saya percaya pada energi dan kemampuan  yang kalian miliki. Saya percaya pada persiapan yang sudah matang selama ini telah kalian lakukan," yakinnya.

Demi menggenjot semangat para atlet dalam bertanding nanti, Lukas berjanji akan memberikan bonus yang sangat besar kepada atlet yang mampu meraih medali emas, perak, perunggu. Bahkan ia juga akan memberikan bonus kepada atlet non medali.

"Kami menyadari bahwa setiap keringat yang kalian kucurkan adalah untuk kebanggaan Papua. Oleh karena itu, sudah kewajiban saya sebagai Gubernur Papua untuk mengapresiasi setiap perjuangan kalian," tegasnya.

Lebih jauh kata Gubernur, kesuksesan PON XX Papua 2021 akan menjadi pembuktian harga diri orang Papua sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, persiapan harus terus dikejar dan matangkan. 

Tidak boleh ada kelengahan sedikitpun. Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukan bahwa Papua bisa menjadi garda terdepan Bangsa Indonesia dalam urusan Olahraga," tegasnya lagi.

Sementara itu, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri yang diberi mandat sebagai Ketua Kontingen Papua, berjanji akan berusaha sebaik mungkin dan bekerja lebih keras demi merealisasikan target yang telah ditetapkan tersebut.

"Kami siap memberikan prestasi dan mencapai target di PON XX nanti," yakin Fachiri.**