Hengky Yaluwo - Lexi Romel Raih Suara Terbanyak PSU Pilkada Boven Digoel

Ketua KPU Papua, Diana Simbiak memimpin pleno pleno rekapitulasi akhir PSU Kabupaten Boven Digoel/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - KPU tetapkan pasangan Nomor Urut 1, Hengky Yaluwo - Lexi Romel Wagiu sebagai peraih suara terbanyak dalam pleno rekapitulasi akhir Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Boven Digoel, Sabtu (24/07) lalu.

Pasangan nomo urut 1Hengky - Lexi meraih 10.835 suara, disusul paslon nomor Urut 3 Marthinus Wagi – Isak Bangri sebanyak 8.863 suara dan paslon nomor 2 Chaerul Anwar – Nathalis B Kaket dengan 1.236 suara.

Ketua KPU Papua, Diana Simbiak mengatakan PSU kabupaten Boven Digoel digelar sesuai tahapan dengan jadwal pencoblosan pada 17 Juli 2021.

“Untuk PSU sudah terlaksana termasuk hasil akhirnya,” ujar Diana, Senin (25/7/2021).

Ia menjelaskan, KPU telah memberikan waktu 5 (lima) hari kepada Paslon yang merasa tidak puas dengan hasil rekapitulasi tersebut,  untuk mengajukan gugatan hasil pemilu kepada Mahkamah Konstitusi. 

“Ada waktu 5 hari terhitung hasil rekap di tetapkan untuk paslon mengajukan ke MK,” katanya

Diana menambahkan untuk partisipasi pemilih PSU Boven Digoel hanya 56,06 persen, hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang enggan ke TPS lantaran pandemi Covid-19.

Sementara untuk jumlah DPT Kabupaten Boven Digoel tidak memgalami perubahan yakni 36.882 pemilih yang terbagi di 20 Distrik. **