Penjual Senjata ke KKB Ditangkap, Total Transaksi Mencapai Rp 1,3 Milliar

Barang bukti yang diamankan dari Neson Murib/ Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Satgas Nemangkawi berhasil menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Puncak Jaya, Papua. 

Neson Murib ditangkap ketika sedang transit di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya oleh anggota KP3 Bandara Mulia Polres Puncak Jaya. Ketika itu, ia ingin menuju Kabupaten Timika.

"Yang bersangkutan Neson Murib diduga jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB di Puncak Jaya," kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M. Iqbal Al-Qudusy dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan pada Selasa (15/6/2021) siang.

Pada saat ditangkap, Neson kedapatan membawa uang tunai sebesar Rp 370 juta. Diduga dana tersebut untuk membeli senjata api dari seseorang. 

" Pada saat ditangkap dan dilakukan penggeledahan, anggota kita menemukan uang tunai sebesar Rp 370 juta. Dugaan sementara dana tersebut untuk membeli senjata api," ujarnya.

Iqbal menambahkan, Neson Murib diketahui sudah banyak melakukan transaksi jual beli senjata api dan amunisi, bahkan nilainya mencapai miliaran rupiah. "Total yang dikirim dan diterima oleh yang bersangkutan mencapai Rp1.393.100.000," bebernya.

Iqbal menegaskan, pihaknya masih terus melakukan pendalaman terhadap jaringan penjual senpi dan amunisi tersebut. 

"Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktifitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi dari terduga Neson Murib," tutup Iqbal.*