Perayaan Ibadah Paskah Polda Papua, Kapolda: Doakan Agar Kedamaian Terjadi di Seluruh Pelosok Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK menghadiri kegiatan perayaan Paskah Polda Papua, Kamis (15/4/2021) di Gereja Pengharapan Kota Jayapura. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Polda Papua, Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si serta personel beragama Kristen. Dalam kesempatannya Kapolda Papua mengatakan, mengiringi syukur dan suka cita dalam perayaan Paskah, saya mengucapkan selamat Paskah tahun 2021 kepada seluruh personel Kristiani Polda Papua, semoga kedamaian selalui menyelimuti kita semua.

“Paskah yang diperingati setiap tahun, tidak hanya menjadi kegiatan ceremony keagamaan semata tetapi biarlah kita semakin memahami dan menghayati karya iman yang tuhan berikan kepada kita. Merayakan Paskah adalah momentum pribadi untuk hidup dalam kemenangan. Kemenangan yang kita peroleh bukan karena usaha kita, kemenangan bukan ditentukan beberapa banyak kekayaan pribadi yang kita peroleh, melainkan pada penghayatan iman kita kepada tuhan. Ketika kita melangkah dengan iman maka semua yang menjadi tantangan dan hambatan dapat kita lewati bersama,”ujar Kapolda.

Dikatakan, keterkaitan iman dan kehidupan sangat erat. Bukan hanya terkait diri sendiri tapi juga kehidupan bermasyarakat. Saat ini iman menjadi modal penting dalam diri untuk berfikir, berbicara, dan bertindak dalam kehidupan, berkeluarga serta bekerja. Marilah kita selalu tingkatkan keimanan dalam diri kita untuk dapat memberikan manfaat bagi sesama manusia.

“Atas dasar iman, cinta dan kedamaian, kita semua berada di garda terdepan dalam memberikan pelayan terbaik bagi sesama manusia, kita semua bersatu untuk menolong sesama manusia. Karena hakikatnya semua umat manusia memiliki tempat terhormat sebagai makhluk-Nya,”ujar Kapolda.

Doa Kedamaian

Dalam kesempatan ini pula, saya mengajak kepada seluruh personel Kristiani Polda Papua yang berada di gereja ini untuk bersama-sama mendoakan agar kedamaian tersebar di seluruh pelosok Papua dan kita personel Polda Papua selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan dalam menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua.

“Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan segera berlalu dengan takdir serta pertolongan Allah.  Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia perayaan paskah kususnya Irwasda Polda Papua yang telah meluangkan waktu pikiran dan tenaga sehingga perayaan paskah tahun ini dapat terlaksana. Semoga tuhan membalas amal kebaikan yang telah kalian lakukan,”tuturnya.

Irwasada Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare S.IK dalam kesempatannya, perayaan Paskah ini kami laksanakan setelah minggu ke-2 perayaan Paskah karena kami melihat kesibukan rekan-rekan yang ada di wilayah sehingga kita membentuk tim kerja dari SDM dan teman-teman yang setia bekerja untuk umat yang hasilnya kami dapat menyelenggarakan kegiatan Paskah ini dengan lancar.

“Perayaan ini kami buat sesederhana mungkin dan juga ada kegiatan pembagian telur Paskah dan bagi siapa yang mendapat Telur Paskah dan ada nomornya nanti akan diberikan hadiah langsung oleh Kapolda Papua. Kegiatan ini dibuat tidak menggunakan anggaran Dinas Polri namun kita menggunakan dana Kas Oikumene.  Kami berterimakasih banyak kepada Kapolda Papua karena telah mengarahkan kami untuk menyelenggarakan kegiatan ini dan kami juga berterimakasih karena beliau dapat hadir di tempat ini,”ujar Irwasda.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah oleh Kapolda Papua, Irwasda Polda Papua dan Pastor Jhon Bonay kepada 7 anggota yang mendapatkan telur Paskah.*