8000 Personil Disiapkan Amankan PON Papua, Mimika Jadi Fokus Pengamanan

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 yang akan di selenggarakan pada Oktober 2021 mendatang akan di jaga ketat ribuan aparat keaman di Papua. Hal itu diungkapkan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri ketika diwawancarai Kamis (8/4/2021) siang.

Menurut Kapolda personil pengaman yang akan dilibatkan berjumlah kurang lebih 8000 yeng tersebar di empat  Kabupaten Kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON di Papua.

“Kami akan melibatkan beberapa unsur salah satunya Satpol PP. termasuk kami juga akan melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh di Papua untuk mendukung pelaksanaan PON yang aman,“cetusnya.

Sementara terkait dengan adanya gangguan dari kelompok kriminal bersenjata di Timika, kata Kapolda pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan keamanan serta mendorong muduk kelompok tersebut.

“Yang jelas kelompok KKB di Kali Kopi Tembagapura kami akan tekan mereka sehingga keluar Timika. Sehingga pekan olahraga bisa terlaksana dengan kondusif,” bebernya.

Ia juga meminta semua elemnt masyarakat harus mempuanyai  peran aktif untuk mensukseskan penyelanggaraan PON di Papua.

“Penyelenggaraan PON di Papua merupakan kebanggan kita di tanah Papua, bukan hanya  orang Papua tapi semua yang tinggal di Papua. Mari kita jaga dan hargai itu, kita tunjukan  kita mampu melaksanakan pesta ini baik, sempurna  dan tanpa ada gangguan apapun,” tegasnya.*