Jacksen Tiago : Kekuatan Tim Terletak Pada Putra Daerah 

Pelatih Jacksen Tiago saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat latihan di Stadion Mahachandra Uncen pada Sabtu sore/ Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com – Pelatih Jacksen Tiago sudah mulai menjalankan tugasnya dengan memimpin Boaz Salossa menggelar latihan perdana di Stadion Mahachandra Uncen pada Sabtu sore.
Jacksen menyebut, salah satu fokusnya dalam empersiapkan tim menuju Piala AFC yakni menyiapkan kerangka tim. Dengan kerangka tim yang sudah terbentuk akan mudah baginya dalam menerapkan program latihan dan taktik yang diinginkan dirinya.
Untuk kerangka tim sendiri, pelatih asal Brazil ini berencana untuk menggunakan pemain-pemain lokal yang memiliki kemampuan diatas rata-rata.

“Saat ini saya ingn membentuk kerangka tim terlebih dulu. Fokus kita adalah kepada putra daerah dulu. Mereka memiliki kemampuan yang bagus dan bisa bersaing, ini yang menjadi prioritas kita,” katanya kepada pers di Kota Jayapura.

Bahkan kata Jacksen, kekuatan tim yang ia persiapkan musim ini akan lebih banyak pada putra daerah dengan kualitas yang dimilki masing-masing.
“ Sekarang kita ingin mengumpulkan anak-anak papua sebanyak mungkin yang berkualitas untuk membantu kita. Kekuatan tim kita terletak di putra-putra daerah yang sangat berpotensi untuk bisa membantu tim kita di AFC maupun liga domestik nanti,” bebernya.
Meski fokus untuk merekrut pemain-pemain lokal, mantan pemain Persebaya ini juga berencana menambah sejumlah pemain asing untuk memperkuat tim mutiara hitam.

“ Rencana menggunakan pemain asing itu tetap ada. Kalau regulasi mengijinkan 4 pemain asing, maka untuk saat ini kita butuh minimal 3 pemain asing,” terangnya.
Namun kata dia, pemain asing yang akan direkrut juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk tampil di Piala AFC dan kompetisi domestik.

“Tentunya pemain (asing) yang akan kita rekrut harus memiliki kemampauan bermain di AFC dan liga domestik. Jadi memang untuk merekrut pemain asing kali ini kami harus lebih selektif,” ujarnya.

Selain memiiliki kemampuan yang mumpuni, pemain asing yang direkrut juga harus bersal dari negara yang melonggarkan warganya untuk bepergian keluar negeri.
“ Kemudian yang perlu diperhatikan adalah asal negaranya, kalau negara yang terdampak covid-19, maka otomatis persyaratannya juga cukup susah untuk bisa keluar dari negaranya, jadi memang harus dipertimbangkan dengan baik,” bebernya.

Sementara itu, hingga saat ini satu slot pemain asing sudah diisi oleh Takuya Matsunaga. Pemain asal Jepang itu memilih untuk bertahan bersama Persipura di musim 2021.*