Ucapan 'Rasisme' Ambroncius Nababan, Kerukunan Masyarakat Batak  Provinsi Papua  Minta Maaf

Pernyataan sikap Keluarga Masyarakat Batak (KMB) Provinsi Papua/Istimewa




JAYAPURA,wartaplus.com – Pernyataan sikap Keluarga Masyarakat Batak (KMB) Provinsi Papua terkait Postingan saudara Ambroncius Nababan yang Berbau Rasis kepada saudara Natalius Pigay. Senin (25/01).

Pernyataan sikap tersebut dilakukan bertempat di Kantor Keluarga Masyarakat Batak (KMB) Provinsi yang disampaikan langsung oleh Ketua Keluarga Masyarakat Batak (KMB) Provinsi Papua Kenan Sipayung, SP., M.Si.

Kenan Sipayung, SP., M.Si dalam kesempatanya mengatakan, menyikapi isu yang berkembang di media sosial terkait postingan saudara Ambroncius Nababan yang berbau rasis kepada saudara kita Natalius Pigay, maka kami sebagai pengurus khususnya Keluarga Masyarakat Batak (KMB) di Provinsi Papua menyampaikan pernyataan untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya masyarakat Papua.

"Kami yang bertanda tangan di bawah ini, Pengurus Kerukunan Batak Provinsi Papua dengan ini menyikapi konten pernyataan dari Saudara Ambroncius Nababan yang berbau rasis terhadap Natalius Pigay, yang diekspose melalui media social Facebook pada tanggal 12 Januari 2021,"ujarnya. Maka dengan ini kami nyatakan,

1. Bahwa kami Masyarakat Batak di Provinsi Papua mengecam atau mengutuk keras pernyataan Ambroncius Nababan;
2. Bahwa Kerukunan Masyarakat Batak Provinsi Papua meminta kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk mengusut tuntas serta memprosesnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku;
3. Bahwa pemyataan Ambroncius Nababan adalah pernyataan pribadi, sehingga tidak mewakili masyarakat Batak di Tanah Papua.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat, dengan saksama dan untuk dipahami, dimaklumi semua pihak, Atas perhatian semua pihak kami sampaikan terima kasih.

"Kami juga sampaikan kepada sluruh warga Batak yang ada di seluruh Provinsi Papua untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta saling mendukung bahwa penyatakaan sikap dari saudara Ambroncius Nababan adalah bersifat pribadi, untuk itu kita serahkan kepada pihak Kepolisian agar diproses secara hukum, mari kita berdoa agar seluruh masyarakat di Tanah Papua tetap bersatu padu. Mari kita saling menjaga dan tidak menambah panas situasi di lapangan sehingga kerukunan antar Suku di Papua tetap terjaga dengan selalu,"tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Masyarakat Batak Makmur Nababan, SE dalam kesempatanya mengatakan, saya secara pribadi atas nama marga Nababan yang ada di Provinsi Papua dan Kota Jayapura selaku Ketua Pemuda Masyarakat Batak, kami akan bersikap untuk melaporkan saudara Ambroncius Nababan kepada pihak kepolisian untuk diambil proses hukum.

"Kami secara pribadi tidak pernah berkomunikasi bersama saudara Ambroncius Nababan dan beliau tidak pernah tinggal di Kota Jayapura ini, untuk itu akan kami laporkan saudara Ambroncius Nababan kepada Polda Papua untuk segera ditangani,"ujarnya.*