Logistik Sudah Didistribusikan

TNI-Polri Siap Amankan Pilkada Boven Digoel 28 Desember

KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay/Istimewa


JAYAPURA,wartaplus.com -  mengatakan bahwa saat ini sedang dipersiapkan Pilkada Boven Digoel  pada tanggal 28 Desember 2020.

"Dalam rangka pemungutan suara ini KPU telah melakukan langkah-langkah tahapan mulai dari pencetakan surat suara dan juga logistik lain. Saat ini, dari tanggal 24 Desember 2020 KPU Boven Digoel sudah melakukan distribusi logistik ke distrik-distrik. Dari 20 Distrik sudah terdistribusi sampai dengan 19 Distrik dan 1 Distrik yang belum yaitu Distrik Mandobo akan digeser logistiknya besok,"ujar Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay, Sabtu (26/12/2020).

Kata dia, distribusi ini dilakukan melalui 3 jalur yaitu jalur idara, darat dan sungai, karena kita memikirkan kondisi geografis yang harus lebih dahulu didistribusikan adalah jalur sungai dan udara.

"Untuk pemungutan suara pada tanggal 28 Desember 2020 ini, Kabupaten Boven Digoel memiliki 107 kampung dan 220 TPS serta 36.882 Jiwa ini yang akan mengikuti pencoblosan nanti. Kami berharap masyarakat dapat datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya yang menurut masyarakat dapat memberikan kebaikan di 5 tahun mendatang untuk Kabupaten Boven Digoel,"ujar Ketua KPU Papua.

Sementara itu personil gabungan TNI-Polri siap amankan jalannya Pilkada di Kabupaten Boven agar berjalan dengan aman, lancar dan Kondusif.

Kapolres Boven Digoel AKBP Samsul Rizal mengatakan, kami sering melakukan konsulidasi bersama rekan-rekan kami dari TNI terkait dengan pilkada di Boven Digoel, ini memang satu-satunya kabupaten yang pemilihanya menyusul.

Untuk perkuatan anggota Polri ditambah dengan anggota BKO Brimob Kalimatan Barat ada sebanyak 440 personil, dan rekan-rekan dari TNI sebanyak 80 personil. Untuk pengamanan dalam rangka pilkada ini kami dari TNI-Polri siap mengamankan,"ujarnya.

Dikatakan , sekarang ini adalah pergeseran pasukan dan logistik Pemilu yang sudah distribusikan ke 19 Distrik dan untuk 1 Distrik yang belum yaitu Distrik Mandobo direncanakan logistiknya akan digeser Besok.

Harapan kita semua Pilkada di Boven Digoel Tahun 2020 berjalan dengan lancar aman dan tertib, serta dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan Kondusif.

Ungkapnya, untuk pergeseran logistik itu sudah kita bagi oleh Personil Polres ke seluruh TPS yang ada guna melakukan pengamanan.

"Kemudian untuk personil BKO akan kami ploting dibeberapa titik-titik yang harus diamankan, baik itu Mobile disekitar masyarakat guna memberikan himbauan Kamtibmas,"tandasnya.

Sementata itu Dandim 1711 Boven Digoel Letkol Czi Daniel Panjaitan mengatakan, perbantuan TNI dalam hal ini Kodim 1711 Boven Digoel sudah kita laksanakan semenjak awal proses pelaksanaan pilkada sampai dengan akhir pelaksanaan Pilkada

"Kami sudah menyiapkan personil dan kami sudah melatihkan dengan Polri agar menyesuaikan dengan SOP. TNI-Polri sudah mengetahui apa yang harus dikerjakan apabila terjadi hal-hal yang sifatnya menggangu situasi kamtibmas"ujarnya.*