Silahkan Otsus Belanjut, Tapi Wajib Hukumnya Ada Pengawasan oleh Pemerintah 

Tokoh masayakat Kabupaten Keerom Longginus Fatagor (Tengah)/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com ,–  Tokoh masayakat Kabupaten Keerom Longginus Fatagor mengharapkan agar seluruh element masyarakat yang ada di lima wilayah suku di Papua untuk bergendengan tangan mendukung keberlangsungan otsus demi kemajuan pembangunan. “Otsus sangat berpengaruh untuk pembangunan, maka kita harus mendukung keberlangsungan otsus demi kesejahteraan Papua,” bebernya ketika di wawancarai, Selasa (24/11) siang.

Namun menjadi catatan serta evaluasi penting kata Longginus harus ada campur tangan semua pihak untuk melakukan pengawasan agar penggunaan anggaran maupun kebijakan otsus tepat sasaran “Kalau diberikan tanpa pengawasan itu percuma,  itu harus ada pengawasan bukannya diberikan baru dibiarkan saja,” tegasnya. 

Ia pun menilai dana otsus selama ini banyak di salah gunakan oleh oknum tertentu demi kepentingan pribadi dan kelompok tertentu. “Kita lihat contoj kecil uang yang diberikan pemerintah disalah sartikan, salah satunya di wilayah gunung pernah ditemukan adanya pemerasan yang mana uangnya dipakai untuk beli senjata,” tegasnya.

Ia pun meminta untuk kelompok tertentu berhenti meminta Merdeka, kalau pun meminta merdeka kontenya harus jelas bukan untuk pisah dengan NKRI.
“Kalau Merdeka untuk kemiskinan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta kesehatan. Maka kita harus bergandengan tangan menyuarakan hal itu, bukannya minta merdeka untuk pisah dari NKRI itu salah besar,” tegasnya.

Longginus juga meminta agar pimpinan yang mewakili aspirasi rakyat khususnya dari dewan adat yang akan duduk di 14 kursi termasuk MRP untuk benar-benar bekerja demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.