Wagub Papua Imbau Masyarakat Rajin Mencuci Tangan Agar Terhindar Dari Penyakit

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal/dok.Dian Mustika

JAYAPURAwartaplus.com – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengimbau masyarakat agar rajin mencuci tangan, sehingga dapat terhindar dari serangan sejumlah penyakit seperti penyakit Covid-19

Menurut Wagub, tangan bisa menjadi sumber kuman, bakteri dan virus jika kita tidak menjaga serta mencuci tangan secara teratur.

“Kalau kita rajin cuci tangan pasti terhindar dari penyakit. Dan cucilah tangan pakai sabun supaya kita terhindar dari kuman, virus atau bakteri,” ujarnya di Jayapura, Kamis (15/10).

Ia menjelaskan, belum lama ini Provinsi Papua memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia. Sehingga melalui momentum itu, pihaknya tak lelah mengingatkan masyarakat untuk mencuci tangan menggunakan sabun agar tidak hanya terhindar dari Covid.

“Bahkan tak hanya Covid, sekali lagi tangan kalau tidak dibersihakan dengan baik bisa membawa sumber penyakit lainnya,” terangnya.

“Diantaranya diare, cacingan, malaria. Nah kalau dibiarkan maka segala penyakit ini bisa mengancam semua pihak dan generasi penerus bangsa di Papua,” imbuhnya .

Wagub menambahkan, upaya menjaga kesehatan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun diharapkan tidak kendor.

Ia pun meminta masyarakat agar disiplin memakai masker dan menjaga jarak guna menghindari Covid yang saat ini penularannya cukup signifikan.

“Yang pasti cuci tangan ini adalah hal yang sederhana. Tapi dari hal yang sederhana ini dia bisa menyelamatkan diri sendiri tetapi juga semua orang,” tandasnya.**