Calon Siswa Caba PK Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020, Diberangkatkan Menuju Rindam di Jawa

Siswa Pendidikan Bintara PK Otonomi Khusus (Otsus) Orang Asli Papua (OAP) Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Setelah menggelar tahapan tes yang cukup panjang, akhirnya Kodam XVIII/Kasuari menetapkan kelulusan bagi peserta penerimaan Siswa Pendidikan Bintara PK Otonomi Khusus (Otsus) Orang Asli Papua (OAP) Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020 yang diberangkatkan secara bertahap melalui Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat.

Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Zubaedi, S.Sos., M.M., dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartaplus.com, Senin (2/11/2020),  menyebutkan bahwa pengumuman kelulusan calon tersebut dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi Papua Barat, Anday, Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

“Seluruh tahapan seleksi telah dilaksanakan, mulai dari  pemeriksaan administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi sampai dengan pelaksanaan sidang tingkat pusat di Makodam XVIII/Kasuari dan hasilnya 960 peserta dinyatakan lulus,” kata Kapendam.

Dijelaskannya, peserta seleksi calon prajurit TNI AD level kepangkatan setingkat Bintara yang dinyatakan lulus, selanjutnya diberangkatkan ke berbagai satuan pendidikan TNI Angkatan Darat, yakni Resimen Induk Kodam (Rindam) yang ada di Jawa untuk mengikuti pendidikan pembentukan siswa Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari 2020.

“Mereka akan dididik di Rindam III/Siliwangi (Bandung), Rindam IV/Diponegoro (Magelang), Rindam V/Brawijaya (Jember), dan Rindam Jaya (Jakarta)," terang  Kapendam. 
 
"Sejak kemarin dan hari ini, para calon siswa Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat komersial menuju ke Yogyakarta (Sabtu, 31/10/2020) dan ke  Surabaya (Minggu, 1/11/2020). Adapun esok hari, Senin (2/11/2020) akan diberangkatkan menuju ke Jakarta dan Bandung," tutup Kapendam.