Operasi Zebra Mansinam, Dirlantas Imbau Patuhi Lalulintas dan Prokes Covid-19

Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Raydian Kokrosono, SIK saat memakaikan maseker kepada seorang warga/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com- Mengawali kegiatan Operasi Zebra Mansinam di wilayah hukum Polda Papua Barat, Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Raydian Kokrosono, SIK mengajak warga pengguna kendaraan untuk patuhi lalu lintas dan patuhi protokol kesehatan (Prokes) covid-19.

Dalam operasi zebra mansinam tersebut, Polda Papua Barat mengedukasi masyarakat tidak hanya patuhi aturan lalu lintas saat berkendaraan, namun membagikan brosur berlalu lintas, tetapi pihaknya membagikan brosur tentang pencegahan wabah virus Corona.

Kombes Pol Raydian menjelaskan bahwa operasi zebra mansinam 2020 akan dilaksanakan selama 14 kedepannya. "Jadi kami bagikan brosur dan stiker yang ditempel pada setiap pemilik kendaraan. Bahkan operasi zebra mansinam ini bukan saja kami imbauan patuhi lalu lintas, namun kali ini berbeda karena disituasi wabah pandemi covid-19, sehingga kami edukasi masyarakat gunakan masker" ungkap Kombes Pol Raydian. 

Kata dia, mulai hari ini 26 Oktober sampai tanggal 8 November atau selama 14 hari kedepan mereka akan melaksanakan operasi khusus mandiri kewilayahan dengan sendi Operasi Zebra Mansinam tahun 2020. Sasarannya pengendara kendaraan bermotor. Bahkan kegiatan ini dilaksanakan serentak di wilayah hukum Polda Papua Barat. 

Operasi yang dipimpinan langsung Dir Lantas Polda Papua Barat secara serentak akan mengingatkan terkait protokol kesehatan secara,  persuasive dan  humanis dengan cara berpindah - pinda, 40 % preemtif, 40 % preventif dan 20 % represif dan penindakan hukum dengan tematik.

‘’Jadi kita pilih beberapa pelanggaran yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat diantaranya penggunaan helm, pengendara dibawah umur,  dan mengendarai kendaraan yang dipengaruhi minuman keras, ini yang kita imbau,  kita tingkatkan selama 14 hari, kita juga mengimbau pada masyarakat terkait protokol kesehatan terutama untuk memutus mata rantai COVID-19" jelas Kombes Pol Raydian.

Menurutnya bahwa Kombes operasi secara persuasive, kalau sanksi selektif prioritas dari persuasif sampai ke penilangan. Untuk itu dia mengimbau agar masyarakat tertib berlalu lintas, tertib juga untuk protokol kesehatan, karena COVID-19 di Papua Barat ada peningkatan sehingga perlu kesadaran dari masyarakat memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

Selama operasi Zebra Mansinam, lanjut Dir Lantas, Polda bahwa jajarannya akan meningkatkan petugas lalu lintas di pusat-pusat keramaian dan perempatan atau pertigaan daerah padat lalulintas pada jam sibuk pagi atau jelang pulang kantor.

 Jadi selama operasi zebra dalam operasi khusus, kita akan tingkatan, juga kita akan Ingatkan jajaran Polres untuk meningkatkan penempatan petugas menanggapi masuknya masyarakat,’’ jelas Raydian.

Operasi Zebra Mansinam 2020 ini, tambah Raydian, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat berlalu lintas dan mengurangi atau meminimalisir permasalahan lalu lintas salah, satunya yaitu mengurai kemacetan, melihat  pelanggaran dan mencegah kecelakaan. 

Selama operasi zebra Mansinam berlangsung akan melibatkan 20-50 personil termasuk lalu lintas, Binmas dan provos, termasuk jajaran  Polres masing-masing.

Tema dari kegiatan ini yaitu 'Mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta menekan tingkat penyebaran Covid-19 dengan tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.