Pangan Lokal Papua Barat Berlimpah Dimasa Covid-19

Kepala Dinas Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Yacob S. Fonataba, SP.,MSI/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com-  Pandemi Covid-19 sangat merongrong kesehatan masyarakat di Provinsi Papua Barat. Di samping itu roda perekonomian juga sangat menganggu masyarakat. 

Untuk menekan laju perekonomian di Papua Barat, maka pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat terus mendorong agar kebutuhan pangan lokal masyarakat tetap terpenuhi. 

Kepala Dinas Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Yacob S. Fonataba, SP.,MSI mengatakan, ditengah pandemi covid, namun ketersedian pangan lokal di kabupaten, kota se Papua Barat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. 

Tidak hanya itu, kata Fonataba, pangan lokal berlimpah setelah masyarakat berlomba-lomba membuka kebun untuk menaman pangan lokal. Bahkan pangan lokal yang ditanam masyarakat sudah mendominasi pasaran, sehingga kebutuhan pangan lokal sangat cukup ditengah masa pandemi Covid-19 ini. 

“Masyarakat di Kabupaten, Kota Papua Barat tidak susa mendapat pangan lokal dimasa pandemi Covid-19”kata Fonataba, Selasa, di Manokwari. 

Lebih lanjut, dia menambahkan, saat ini terpantau di kabupaten Manokwari terlihat pasar mendadak menjamur. Itu artinya pangan lokal berlimpah ditengah masyarakat. 

Untuk meningkatkan pangan lokal, tambah Fonataba, dinas hortikultura dan perkebunan Papua Barat sudah menyediakan bantuan yang kemudian akan membantu petani di Papua Barat agar terus meningkatkan pangan lokal.*