Program Unggulan Pasangan Auri-Auparay (A2) ‘BISA’ di Teluk Wondama

Pasangan calon Bupati Teluk Wondama Elysa Auri, SE.,MM dan calon Wakil Bupati Ferry Auparay, S.Sos atau A2 dengan program unggulannya/Istimewa


WONDAMA,wartaplus.com- Pasangan calon Bupati Teluk Wondama Elysa Auri, SE.,MM dan calon Wakil Bupati Ferry Auparay, S.Sos atau A2 memiliki program unggulan kepada rakyat Teluk Wondama. 

Inilah program unggulan pasangan A2 dengan Slogan ‘WONDAMA BISA’ (Berdaulat, Inspiratif, Sejahtera, Aman) program tersebut terdapat empat poin dan penjelasannya untuk program Milenial di Teluk Wondama. 

Di antaranya membangun pusat kreativitas bagi pemuda dan milenial. Pengembangan kewirausaha bagi pemuda dan usaha berbasis teknologi digital (star-up) bagi pemuda dan kaum milenial. 

Pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda. Lombah dan kompetisi kreativitas, inovasi, olahraga, seni bagi generasi muda secara berkelanjutan. Penyediaan internet gratis dengan kecepatan tinggi pada area kumpul milenial. 

Program Pariwisata

Mendorong percepatan akses transportasi diantaranya pembangunan Bandara IJ Kijne Teluk Wondama. Membangun infrastruktur di situs peradaban keagamaan, pantai dan pulau-pulau potensial guna menarik wisatawan datang berkunjung. 

Membentuk (BUMD) sasar Wondam yang salah satunya itemnya mengelola Pariwisata bersama pemerintah daerah, badan usaha milik desa (Bumdes) dan masyarakat lokal yang mana hasil dari pengelolaan tersebut akan dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat di kampung tersebut. 

Untuk mempertegas kabupaten Teluk Wonama sebagai kabupaten yang mempunyai kultur budaya, agama yang kuat, maka pemerintah daerah secara aktif akan melaksanakan event keagamaan tingkat kabupaten.

Mempromosikan potensi pariwisata dengan memperbanyak event-event pariwisata budaya, perikananan dan kelautan secara berkala dan mendorong event tersebut masuk dalam prioritas di kementerian Pariwisata.     

Kawasan Lansia (Kartu Teluk Wondama aman bagi lanjut usia). Kartu ini diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Teluk Wondama yang sudah berusia 60 tahun ke atas dan tergolong keluarga kurang mampu akan mendapat tunjangan tiap bulan yang bersumber dari APBD Teluk Wondama sebagai wujud komitmen Auri-Auparay (A2) untuk menjamin Kualitas Hidup Lansia. 
   
Kawasan Belajar (Kartu Teluk Wondama aman bagi pelajar dan Mahasiswa). Kartu kawan belajar adalah kartu Teluk Wondama aman belajar bagi seluruh pelajar dan mahasiswa Teluk Wondama dalam hal ini pasangan Auri-Auparay (A2) berkomitmen di bidang pendidikan dengan menerapkan konsep pendidikan berpola asrama.

Di samping pelajar dan mahasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk menunjang proses pendidikan dan siswa kelas dua, SMA akan diberi bimbingan dan pelatihan yang dipersiapkan masuk sekolah ikana Dinas.  

Kawasan Sehat (Kartu Teluk Wondama aman bagi Kesehatan). Komitmen Auri-Auparay (A2) di bidang kesehatan dengan memastikan masyarakat Teluk Wondama mendapat pelayanan kesehatan sebagai berikut. Satu, tunjangan kesehatan ibu hamil tiap bulan dan gratis biaya persalinan. Dua, meningkatkan layananan fasilitas kelas tiga setara dengan  fasilitas kelas satu dan dua. Tiga, layanan puskesmas keliling tiap minggunya untuk semua distrik. 

Program Kampung

Kampung bisa adalah program untuk mewujudkan kampung berdaulat, inspiratis, sejahtera, dan aman di Kabupaten Teluk Wondama. Untuk itulah A2 komitmen kebijakan pembangunan kampung. 

Adapun program kampung di antaranya. Satu, bantuan keuangan kampung dari APBD Teluk Wondama dalam hal ini sesuai dengan amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 ayat (1) dan pasal 71 ayat (2) huruf (E) tentang pendapatan desa dan bantuan keuangan APBD provinsi dan anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten, kota. 

Selanjutnya, alokasi dana pembangunan infrastruktur dari dinas pekerjaan umum. Dimana terbagi dalam tiga hal. Satu, pembangunan di 75 kampung dan 1 kelurahan sebesar 30 persen. Dua, pembangunan di 13 distrik sebesar 30 persen. Tiga, pembangunan di kabupaten sebesar 50 persen. 

Tunjangan kinerja tenaga pendamping program padat karya. Di antaranya, satu, pendamping lokal kampung program dana desa (PLD).

Dua, pendamping distrik program dana desa. Tiga, kader pembangunan manusia (KPM). Empat, tenaga fasilitator lapangan (TFL) pada program BSPS. 

Program Nelayan

Sementara untuk program Nelayan, terdapat enam point. Satu, keberpihakan terhadap nelayan dengan memberi rasa aman kepada anggota keluarga saat melaut lewat asuransi nelayan. Dua, bantuan perahu viber, alat tangkap dan cool-box. Tiga, bimbingan dan pelatihan tentang alat tangkap ikan dan cara penanganan ikan setelag di tangkap. 

Empat, membentuk BUMD sasar Wondama sebagai penyedia akses modal dan memasrkan hasil tangkap nelayan. Lima, mendorong dan mendampingi nelayan untuk budidaya benih lobster dan ikan kerapu. Enam, membangun fasilitas penyimpanan hasil tangkapan berupa mesin pendingin (cool strage dan pabrik es). 

Calon Wakil bupati Teluk Wondama Ferry Auparay kepada wartaplus.com mengutarakan, program unggulan ini akan menjadikan Wondama Bisa bersama rakyat. Oleh sebabnya, tidak salah ketika rakyat memilih pasangan Aury-Auparay (A2) untuk memimpin Teluk Wondama 5 tahun berjalan.*