Tak Ada Pemainnya di Timnas Senior, Persipura Tetap Dukung Shin Tae-Yong

Asisten Manajer Persipura, Bento Madubun / Djarwo

JAYAPURA, wartaplus.com - Manajemen Persipura Jayapura akhirnya memberikan pernyataan tegas terkait adanya isu media sosial yang tengah digiring dengan menyebutkan jika tim nasional Indonesia anti pemain Papua dan Persipura.

Melalui asisten manajer Bento Madubun, manajemen tim Mutiara Hitam membantah jika pernyataan tersebut berasal dari pihaknya. Bento bahkan menegaskan, Persipura selalu mendukung apa yang diinginkan oleh tim nasional Indonesia, termasuk pilihan pemain pelatih timnas, Shin Tae-Yong.

"Belakangan kami dengar ada isu yang berkembang bahwa pelatih timnas anti pemain Persipura atau Papua? Kami pastikan bahwa pernyataan itu bukan dari kami, karena ketua umum Persipura sampaikan bahwa Persipura Jayapura sangat mendukung coach Shin Tae-Yong (STY) dalam menangani tim nasional Indonesia," ujar Bento kepada wartaplus.com, Senin (3/8).

"Apapun yang diputuskan oleh STY adalah sepenuhnya kewenangan beliau sebagai pelatih kepala, kita sebagai klub pasti dukung penuh STY. STY yang paling tahu kebutuhan tim nasional, dan beliau yang akan bertanggung jawab dengan semuanya jadi kita percayakan dan dukung STY," tambahnya.

Menyampaikan pesan ketua umum, Benhur Tomi Mano, Bento berharap tak ada yang menggiring pernyataan tersebut untuk digoreng menjadi isu rasial. Terlebih, di jajaran staf pelatih timnas Indonesia terdapat nama legenda Persipura, Yoo Jae-Hoon.

"Tidak perlu ada hembusan rasial dan lain-lain terkait pemanggilan pemain timnas. Kita sama sekali tidak merasa ada diskriminasi di sini, toh wajah Papua kan masih ada di timnas, kita dukung dan doakan agar adik-adik kita seperti Osvaldo Haay dan Yakub Sayuri bisa maksimal dan menunjukkan performa terbaik agar bisa berkontribusi pada bangsa," imbaunya.

"Janganlah dibentur-benturkan dengan isu yang tidak jelas, kasihan timnas kita kalau terus diganggu, mari kita dukung Coach STY dan para pemain untuk kebaikan timnas kita," tutupnya.

Sekadar diketahui, dari dua TC yang digelar oleh timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-Yong hanya memanggil satu pemain Persipura, yakni Theofilo Numberi untuk menjalani TC bersama timnas U-19. Sementara di timnas senior tak ada penggawa Persipura.*