Cegah Corona, Kapolres Mimika Sarankan Pengawasan Khusus di Bandara dan Pelabuhan

Suasana rapat evaluasi pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) New Normal di Kabupaten Mimika/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK menyarankan bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika perlu melakukan pengawasan khusus kepada para penumpang yang masuk melalui jalur udara dan laut guna mencegah penularan Covid-19.

Hal ini disampaikannya saat mengikuti rapat evaluasi pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) New Normal di Kabupaten Mimika, Kamis (2/7).

"Perlu ada pengawasan khusus pada bandara dan pelabuhan agar memastikan seluruh penumpang yang masuk itu betul-betul negatif dan sudah sesuai dengan protokol Kesehatan, kita pahami bahwa New Normal bukan berarti semuanya sudah bebas beraktivitas akan tetapi wajib mengikuti protokol kesehatan," ujar Kapolres.

Seperti diketahui, berdasarkan penyampaian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan bahwa kumulatif kasus Covid-19 telah mencapai 933 kasus. Namun pasien yang sembuh sebanyak 325 orang.

"Kita juga wajib bersyukur karena angka kematian hingga saat ini hanya 6 orang, Timika saat ini berada pada angka produktif yang sebelumnya 0,7 sekarang naik menjadi 1%, Hal ini karena ada penambahan 15 kasus positif," ujarnya.

Kata dia, respon masyarakat terhadap kebijakan Pemerintah yang selama ini telah dilaksanakan sangat kooperatif, hal ini karena masyarakat banyak mengakses media sosial untuk mendapatkan informasi terkait informasi seputar penyebaran dan penanganan Covid-19.

"Masyarakat sangat mendukung Tim Gugus Covid-19 dan berharap agar jika new normal ini diterapkan maka sangksi juga harus diterapkan, kami sebagai orang kesehatan akan tetap melaksanakan tugas kami semaksimal mungkin dan semoga pandemi ini cepat berlalu," ungkapnya.

Sementara, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menghimbau kepada masyarakat agar tak risau dan tak perlu terlalu takut dengan keadaan ini. "Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa Covid-19 ini ada dan nyata, akan tetapi kita tidak boleh panik dan tetap berpedoman pada protokol kesehatan sehingga kita semua dapat selamat dari pandemi ini," imbaunya.

"Dalam penerapan New Normal ini masyarakat semuanya pasti menginginkan agar beraktivitas seperti biasa akan tetapi kita juga harus selalu menghimbau agar tetap mematuhi protokoler kesehatan. Yang perlu saya pertegas di sini bahwa wajib diperketat penjagaan pada pintu masuk seperti Bandara dan Pelabuhan," pungkasnya.*