Pemprov Papua Pastikan Kesiapan Venue PON XX

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa'ad, Kepala Bappeda Yohanis Walilo, Plt Kepala Dinas/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa'ad, Kepala Bappeda Yohanis Walilo, Plt Kepala Dinas Olahraga Pemuda Alexander Kapisa bersama Kepala Diskominfo Jery A. Yudianto melakukan peninjauan di sejumlah venue PON XX, Jumat (12/6) kemarin.

Peninjauan tersebut untuk memastikan kesiapan venue yang akan digunakan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang. Sejumlah venue yang dikunjungi yakni Wisma Atlet di Stadion Mandala, Aquatic, Istora, venue Hoki dan Kriket, Arena Menembak, Softball, dan GOR Gidi.

"Kami ingin melihat semua progres kesiapan venue dan bagaimana kesiapan kita sebagai tuan rumah PON XX. Sehingga kita bisa menyiapkan diri dan melaksanakan PON dengan optimal," kata Musa'ad.

Dirinya juga terkesan dengan progres siginifikan yang terlihat pada venue-venue tersebut, yang mana pengerjaannya sudah memasuki tahap akhir meskipun tetap dikerjakan di masa pandemi Covid-19. "Kita lihat venue-venuenya luar biasa. Ini menjadi satu kebanggaan bagi Papua bahwa kita punya fasilitas olahraga yang luar biasa," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Keuangan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Yohanis Walilo mengatakan, kunjungan pihaknya ke sejumlah venue juga untuk melihat langsung kekurangan apa yang masih perlu dibenahi.

"Kita memastikan agar di masa penundaan kita punya waktu yang cukup untuk benahi sebaik mungkin, supaya pas pelaksanaan bisa digunakan dengan baik semuanya," jelasnya.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Alexander Kapisa juga kian optimistis jika Papua telah sangat siap untuk menggelar pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

"Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa inilah kinerja pemerintah Papua yang sudah berjuang sekuat tenaga menggenjot kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah PON XX, sehingga jangan lagi ada keraguan," pungkas Alex.*