Geografis dan Alam Kendala Utama Pengejaran KKB di Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau/wartaolus.com

JAYAPURA,wartaplus.com - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw membeberkan kendala selama ini yang dihadapi dalam upaya penegakan hukum kepada kelompok kriminal bersenjata di Papua yakni geografis dan medan yang sulit.

“Papua ini sulit, karena daerahnya serba lebar dan alamnya serta kondisi giografitsnya luar biasa. kemudian penguasaan medan mereka  lebih kuasai dari pada kita,”ungkapnya ketika diwawancarai di Mapolda Papua, Jumat (29/5) sore.

Kata Kapolda sampai dengan saat ini melalui satuan tugas khusus telah mempersempit ruang pergerakan terhadap kelompok kriminal bersenjata khsusunya di wilayah Mimika.

“Sampai dengan hari ini kelompok yang berada di Timika dan sekitarnya, baik sekitar kota maupun Tembagapura, bisa kita awasi dengan ketat sehingga pergerakan mereka tidak luluasa seperti bagaimana  beberapa kejadian yang lalu,”cetusnya Bahkan dari hasil monitoring Kata Kapolda beberapa kelompok yang telah bergabung di Timika sudah kembali di wilayahnya.

“Mereka masih ada di Tembagapura masih ada, tapi sebagian lainnya yang waktu itu bergabung sudah memilik balik karena masalah logistik baik bama maupaun amunisi,” ungkap Kapolda

Ia pun memaparkan saat ini pihaknya sedang fokus untuk menyiapkan kebutuhan organisai dan juga posko serta cara bertindak terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Saya sebagai pengendali operasi sementara dan Pangdam sebagai Wakil, kami sedang siapkan strategi penegkana agar sasaran terukur, maka dari itu saya sering berkunjung ke Mimika guna melakukan monitoring disana,” bebernya.*