Gubernur Resmikan Puskesmas Ransiki Senilai Rp 16 Miliar Lebih

Gubernur Papua Barat meresmikan Puskesmas Ransiki, kabupaten Manokwari Selatan, Rabu (27/5)/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan sampaikan ucapan terima kasih kepada dokter, medis dan perawat yang selama ini bekerja maksimal bersama tim gugus tugas Covid-19 di kabupaten, kota se Papua Barat, sehingga setiap pasien terlayani secara baik.

"Untuk itu kepada seluruh dokter, medis dan perawat untuk tetap semangat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga dimasa pandemi Covid-19 ini masyarakat tetap hidup sehat dan terhindar dari wabah Covid-19,"pesan Gubernur disela-sela peresmian Puskemas Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Rabu (27/5).

Di kesempatan tersebut, Gubernur minta dan berpesan kepada masyarakat kabupaten Manokwari Selatan untuk bersama-sama menjaga agar Puskesmas ini bersih dari noda ludah pinang. 

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Papua Barat Otto Parorrongan menyatakan, pembangunan Puskesmas Ransiki di bangun dengan DPA Dinas Kesehatan Papua Barat terhitung secara bertahap mulai dari pada tahun 2015, 2016, 2017, 2018, dan 2019. 

Lokasi pembangunan Puskesmas itu sendiri berada di Distrik Ransiki. Dengan tipe bangunan dua lante. Dengan total anggaran yang digelontorkan untuk penyelesaian Puskesmas itu secara bertahap dari Pemprov Papua Barat senilai Rp. 16.57.700.82.000,-. 

Kembali Gubernur mengatakan, pembangunan Puskesmas Ransiki sama halnya dengan membangun rumah sakit Provinsi Papua Barat, dimana gedung setara itu harganya mirip-mirip sama. Perbedaan karena luas lahan dan ukuran bangunan serta biayanya.

Dimana gedung Puskesmas ini dibangun secara bertahap selama kurang dari 4 tahun, sehingga tidak heran karena pembangunan Puskesmas tersebut menelan anggaran besar."Harus disyukuri karena pembangunan Puskesmas dapat diselesaikan dan diresmikan serta siap digunakan melayani masyarakat Mansel,"ujar Dominggus.

Selain puskesmas Ransiki, kata Dominggus, beberapa Puskesmas juga sedang diselesaikan, misalnya di Sorong sudah selesai dan telah digunakan, sedangkan Puskesmas di Kabupaten Maybrat sedang dikerjakan. "Jadi Puskesmas Ransiki bukan saja difungsikan untuk melayani masyarakat Mansel, melainkan menjadi Puskemas rujukan" ungkap Gubernur Dominggus. Mengakhiri sambutannya, Gubernur berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan ditengah wabah pandemi Covid-19 ini.

Untuk itu masyarakat diminta ikuti anjuran pemerintah untuk gunakan masker ketika keluar rumah, dan masyarakat tetap ikuti protokol kesehatan Covid-19 sehingga memutus mata rantai Covid-19.*