Secara Simbolis Gubernur Resmikan 40 Unit Rumah Laik Huni di Mansel

Gubernur Papua Barat secara simbolis meresmikan rumah laik huni bagi masyarakat Manokwari Selatan, Rabu (27/5)/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com- Secara simbolis Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meresmikan satu unit rumah dari 90 unit rumah laik huni khusus bagi orang asli Papua di kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat.

Peresmian itu disaksikan Muspida kabupaten Mansel, Pemprov, dan perwakilan masyarakat. Dalam sambutannya, Gubernur Papua Barat menyampaikan bahwa program satu juta rumah ini merupakan program langsung dari pemerintah Pusat. Dominggus menjelaskan, pemerintah Pusat, juga bertanggung jawab atas penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Beberapa program pembangunan perumahan yang saat ini dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain membangun rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya serta menyalurkan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi. "Bantuan program sejuta rumah berasal dari Kementerian PUPR yang diturunkan melalui PUPR Provinsi Papua Barat" kata Gubernur disela-sela peresmian, Rabu (27/5).

Dikatakan Gubernur pembangunan tersebut merupakan visi misi presiden  lima tahun kedepan, yakni fokus pada SDM dan infrastruktur. "rumah merupakan satu dari kebutuhan pokok bagi masyarakat" ungkap Gubernur.

Program sejuta rumah ini, kata Gubernur, sudah mencapai tujuan, sebab program perumahan merupakan bagian dari keseriusan pemerintah Pusat untuk daerah.

Rumah khusus tipe 36 meter persegi ini berjumlah 40 unit untuk masyarakat berpenghasilan rendah melalui dinas pekerjaan rumah PUPR. Tidak hanya itu, lanjut gubernur, pemerintah juga seddiakan program rumah swadaya yang diserahkan kepada masyarakat Papua Barat sebanyak 4.000 unit yang tersebar di kabupaten, kota se Papua Barat, dimana khusus di Mansel mendapat 100 unit.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini, Gubernur menyerahkan buku panduan program rumah swadaya kepada masyarakat, dimana program yang langsung dari direktorat jenderal PUPR itu, pesan Gubernur harus program tersebut didukung oleh pemerintah daerah.

"Apresiasi saya kepada Bupati Mansel, sehingga pembangunan rumah swadaya berlangsung dengan baik, sehingga infrastruktur di Mansel harus ditingkatkan" katanya.*