Ikat Wam di Yahukimo, 4 Suku Besar Tegaskan 100 Persen Suara Milik JOSUA

Ketua Tim Pemenangan JOSUA, Nathan Pahabol bersama masyarakat Yahukimo, usai menggelar pesta adat Ikat Wam/Istimewa

JAYAPURA,- Sebagai bukti dukungan sepenuhnya terhadap pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 2, John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JOSUA), masyarakat adat Yahukimo menegaskan hal tersebut lewat sebuah pesta adat ikat Wam.

Menurut salah satu Kepala Suku dari 4 suku besar di Yahukimo, Isak Salak, pesta adat ikat wam itu merupakan tanda bukti kesatuan hati seluruh masyarakat Yahukimo untuk memberikan dukungannya kepada pasangan JOSUA, dan tak bisa lagi di tawar-tawar.

"Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena ikat wam itu merupakan adat besar dimana masyarakat secara makan bersama memakan bakar batu Wam besar yang merupakan sumpah bahwa suara sepenuhnya sudah diberikan kepada pasangan nomor 2 Jhon Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae,“ tegasnya.

Lanjut katanya, dalam rapat adat masyarakat 4 suku besar yang mendiami kabupaten Yahukimo, seluruh kepala suku setuju akan mendukung JOSUA untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur Papua, karena selama 5 tahun masa kepemimpinan gubernur lalu, masyarakat dikabupaten Yahukimo tidak mendapat perhatian pemerintah.

“Jadi kita sudah sepakat, 4 suku besar Yali, Hubla, Kimial dan Momuna yang ada di wilayah Yahukimo sudah sepakat ikat dan berikan suara kepada Pasangan JWW-HMS pada Pilkada gubernur tanggal 27 Juli 2018 mendatang,” ujarnya.

Isak yang juga Ketua DPC Partai PDI-P dan Tim Relawan JOSUA itu mengatakan, pihaknya telah melakukan kampanye di 148 kampung di Kabupaten Yahukimo sekaligus melantik Tim Relawan JOSUA .

“Saya setiap pemilihan gubernur Papua mulai dari Bas Suebu, Lukas Enembe selalu menjadi Tim Relawan untuk kabupaten Yahukimo dan sekarang saya menjadi Tim Relawan untuk JWW-HMS atau Josua, maka pasangan ini harus menang dalam Pilkada Gubernur 2018 ini,” tegasnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua Tim Pemenangan JOSUA, Nathan Pahabol, sebagai orang Yahukimo yang terdiri dari suku Yali Hubla, Kimial dan Momuna tentunya sudah satu hati untuk memberikan suara kepada pasangan JWW-HMS.

“Ini masalah harga diri dari orang Yali, Hubla, Kimial dan Momuna, karena John Wempi Wetipo adalah orang Hubla yang masih ada hubungan dengan seluruh masyarakat Yahukimo, jadi semua sudah sepakat untuk memberikan suara kepada JOSUA. Itu ikat 100 persen,” katanya.

“Dengan adanya acara adat ikat wam yang dilakukan oleh 4 suku besar di Yahukimo, maka saya katakana bahwa suara Yahukimo 95 persen untuk pasangan JWW-HMS dan 5 persen itu tidak hitung karena ada suku lain di Yahukimo,” tambahnya.

Para kepala suku dari empat suku besar masyarakat di Kabupaten Yahukimo telah sepakat secara adat untuk memberikan suara 100 persen kepada Pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JOSUA) pada Pilkada gubernur Papua, Juni mendatang. *