Papua Barat

Presiden Jokowi Akhiri Lawatannya Dengan Sholat Jumat Berjamaah

Seorang pelajar berswafoto dengan Presiden Joko Widodo/Ola

SORONG,- Presiden RI, Joko Widodo bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo melakukan berbagai kegiatan selama berada di Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (13/4).

Diawali dengan mengunjungi PAUD TK Theresia di Kampung Baru, Jokowi bersama Ibu serta rombongan isteri Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja memberikan hiburan dan berbagai hadiah kepada anak-anak PAUD dan TK.

Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan menuju Graha Oriante yang jaraknya tak terlalu jauh dengan PAUD. Disana, Jokowi memberikan sambutan sekaligus mengajak ratusan pelajar yang hadir untuk menolak Narkoba, Pornografi dan Kekerasan.

Menurut Jokowi, menggunaan Narkoba sama saja dengan nol.

"Narkoba itu nilainya nol. Jadi kalau Jago matematika, punya prestasi tapi pakai narkoba sama saja dengan nilai 9 dikali nol hasilnya nol," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi yang selalu khas dengan kemeja putihnya itu membagikan 3 buah sepeda kepada 2 pelajar dan 1 orang guru.

Usai menghadiri seminar Narkoba, Jokowi dan Ibu Negara memberikan sambutan di seminar kesehatan dan pemeriksaan kanker serviks gratis di Puskesmas Remu dan menuju proyek padat Karya di Kompleks Kokoda.

Seperti kunjungan ditempat sebelumnya, kedatangan Jokowi yang menyedot perhatian warga masyarakat itu dihadiahi Jokowi dengan membagi-bagikan sejumlah soevenir berupa kaos, sapu tangan batik, tempat makan, alat tulis dan buku tulis kepada warga yang beruntung.

Pembagian hadiah oleh Jokowi itu spontan menjadi ajang rebutan warga masyarakat yang mengaku senang dapat bertemu langsung dengan Jokowi ditambah dapat bonus hadiah kenang-kenangan.

Usai menjalani kunjungan kerjanya, Jokowi melakukan sholat Jumat berjamaah di Masjid Al Akbar Kota Sorong. Jamaah sholat Jumat yang usai melaksanakan sholat pun kemudian berbondong-bondong mengepung Jokowi untuk sekedar bersalaman atau berswafoto.

"Tangannya Jokowi halus sekali tapi kurus. Saya senang sekali. Baru kali ini bisa berjabat tangan dengan Presiden,"terang Saiful kegirangan.

Usai melaksanakan sholat berjamaan, rombongan kemudian menikmati makan siang disalah satu restoran.

Terlihat dalam rombongan tersebut, selain Isteri-isteri Kabinet kerja juga terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan, Nila Moelok.

Rombongan kemudian meninggalkan Kota Sorong menggunakan pesawat Kepresidenan dari Bandara DEO, diantar Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan beserta Ibu, Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Jopie Onisumus Wayangkau, Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Rudolf Rodja, Danlantamal XIV, Brigjen Mar. Amir Faisol, Ketua DPRD Provinsi Papua Barat, Pieter Kondjol dan Danrem 171 PVT. *