Suntik Steroid, Terobosan Baru yg Punya Efek Samping Mengerikan

Net

WARTAPLUS - Video kontestan Indonesian Idol 2018, Joan Chatarine, dalam Babak Top 3 Spektakuler Show Indonesian Idol heboh dibicarakan. Dalam proses penjurian, Maia Estisanti menyebut Joan sering lakukan suntik steroid.

Dilansir laman NHS.Uk, suntik steroid diberikan untuk mengurangi rasa sakit akibat cidera.

Gejala perubahan pita suara memang sering dialami oleh para penyanyi. Karena lebih sering menggunakan pita suara hal ini bisa menyebabkan timbulnya nodul atau benjolan pada pita suara, atau memang murni hanya karena peradangan di dekat pita suara.

Suntik steroid juga sering disebut Suntik Corticosteriod. Ini adalah tindakan memberikan obat anti infalamsi yang diberikan langsung ke pusat inflamasi.

Steroid ini adalah obat anti inflamasi yang ada dalam berbagai bentuk oral (minum obat), suntikan lewat darah atau langsung suntik ke organ yang bermasalah, seperti otot, sendi, tulang belakang, dan lainnya.

Meski terdengar ringan, namun untuk melakukan suntik steroid ini, dibutuhkan rekomendasi dokter spesialis. Suntik steroid ini ternyata juga memiliki efek samping.

NHS.Uk menyebut bahwa efek samping tergantung di bagian mana suntik itu diberikan. Jika di sendi, otot atau tulang belakang, efek sampingnya bisa berbentuk seperti rasa tidak nyaman, nyeri beberapa hari, memar, wajah memerah, bengkak, meningkatnya tekanan darah, hingga sakit kepala.

Lebih lanjut ada beberapa dokter Ahli yang menyebut, pemberian steroid pada area tertentu bahkan memiliki dampak pada ketidak seimbangan hormon. [net]