4 Penyebab Ketiak Anda Sering Gatal

Net

WARTAPLUS - Ketiak berkeringat menjadi masalah yang kerap mengganggu. Ditambah lagi rasa gatal yang kadang menyertai, bikin makin tak nyaman.

Masalah ketiak gatal bisa terjadi pada siapa pun, dan biasanya tak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya, selain menaburkan bedak, deodoran, atau menunggunya kering dengan sendirinya.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya apa sih penyebab ketiak gatal? Coba cek beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari laman Times of India.

Penyebab normal
Pewangi pada sabun dan detergen pakaian bisa menyebabkan iritasi pada kulit ketiak. Gunakanlah produk bebas pewangi dan oleskan krim yang mengandung 1 persen hidrokortison. Krim ini bisa meredakan ketidaknyamanan dan gatal yang disebabkan oleh pencukuran ketiak.

Infeksi jamur
Seperti area kewanitaan, ketiak juga bisa terkena infeksi jamur. Infeksi jamur di ketiak bisa menyebabkan gatal seperti infeksi jamur di area kewanitaan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika krim antijamur tidak berhasil meredakan gatal dan nyeri. Krim antijamur yang biasanya digunakan untuk area kewanitaan, juga bisa dipakai untuk mengobati infeksi jamur pada ketiak.

Keringat berlebih
Keringat berlebih pada ketiak bisa menghilangkan kelembapan pada kulit. Itulah kenapa pada orang yang berkeringat berlebih, disarankan menggunakan antiperspirants yang bisa menenangkan kulit. Jika tubuh Anda memproduksi banyak berkeringat, sebaiknya memakai pakaian dari bahan katun dan pakaian yang terbuat dari serat alami.

Waxing
Beberapa orang alergi terhadap bahan waxing, dan mungkin mengalami efek samping seperti kemerahan, gatal, dan bahkan lecet setelah ketiak di-waxing. Jadi, jika Anda merasa kulit Anda sensitif, jangan lakukan waxing
[net]