Danrem Minta Seluruh Personil Pengamanan Presiden Fokus Laksanakan Tugas

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar saat mengecek persiapan pasukan pengamanan kunjungan Presiden/Fendi

SENTANI,- Menjelang kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kota dan Kabupaten Jayapura pada Rabu (11/4) sore, ratusan personil TNI/Polri melaksanakan apel Gelar pasukan di Yonif 751/Rider, di Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (10/4) pagi.

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar yang bertindak sebagai pemimpin apel, mengungkapkan bahwa, apel pasukan dilakukan untuk mengecek persiapan personil TNI/Polri dan instansi lainnya dalam rangka kunjungan Presiden.

"Gelar pasukan ini untuk mengecek persiapan pengamanan baik perseorangan maupun satuan, agar dalam melaksanakan tugas berjalan aman dan lambat," kata Danrem 172/PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar.

Kolonel Inf Binsar Sianipar berpesan kepada seluruh personil baik TNI maupun Polri untuk fokus dalam pengamanan Presiden.

"Saya ingatkan untuk mulai hari ini dan lusa kita fokus pada pengamanan kunjungan Presiden di Jayapura. Pengamanan disesuaikan tugas dan tanggung jawab yang sudah di bagi ke masing-masing satuan. Komandan dan anggota sama dalam pemahaman tugas dan tanggung jawab yang sudah diberikan satuan atas dalam pengamanan," ucapnya.

Lanjut Binsar, setiap personil harus memonitor dinamika perubahan di lapangan. "Kunjungan Presiden RI di Jayapura selama 2 (dua) hari dari tanggal 11-12 April 2018, kita yang tergabung dalam pengamanan selalu monitor dinamika perubahan di lapangan sampai kunjunan kerja Presiden selesai," ujarnya.

"Dan siapkan alat komunikasi, senjata serta perlengkapan dalam mendukung kelancaran kunjungan kerja RI 1di Jayapura," tambahnya.

Binsar juga mengingatkan seluruh personil bahwa bertepatan dengan kunjungan Presiden akan ada demo damai di Kota Jayapura, sehingga diharapkan pihak Polres Kota Jayapura berkoordinasi dengan korlap demo agar demo damai selesai sebelum kunjungan kerja Presiden ke Kota Jayapura.

Usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kunjungan Presiden di Jayapura, selanjutnya personel gabungan TNI/Polri melaksanakan gladi pengamanan dengan menempati titik-tituk yang telah ditentukan mulai dari bandar udara klas I Sentani menuju ke Kantor Bupati Kabupaten Jayapura hingga ke batas kota. *