Komandan Lanud Jayapura Tegaskan TNI AU Netral Dalam Pilkada

Idrus Marham

SENTANI,- Komandan Lanud Jayapura, Kolonel Pnb Muhammad Yanni Amirullah menegaskan bahwa TNI Angkatan Udara netral dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Provinsi Papua.

Dikatakan, natralitas TNI Angkatan Udara adalah wajib, karena hal tersebut adalah perintah undang-undang yang wajib dipatuhi oleh seluruh personil TNI Angkatan Udara di seluruh Indonesia.

“Sudah jelas dari perintah panglima TNI kepada seluruh kepala staff, kepada seluruh Pangops, maupun kepada Danlanud, dan kepada bawahan saya bahwa penugasan kita disini adalah netral. Kita akan mendukung seluruh kegiatan pengamanan pilkada,” katanya kepada pers usai upacara peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke-72 di Base OpsLanud Jayapura, Senin (9/4) pagi.

Ia mengungkapkan, jika pun ada anggota keluarga TNI Angkatan Udara yang terlibat dalam pilkada maka tidak diperkenankan menggunakan fasilitas TNI Angkatan Udara.

“Netralitas kita itu mutlak. Tapi kalau ada anggota keluarga yang ingin terlibat politik, maka kami persilahkan, karena itu adalah hak setiap warga negara. Tapi tidak bisa menggunakan fasilitas apapun milik dari TNI Angkatan Udara,” tegasnya.

Yanni Amirullah, juga menyatakan pihaknya siap membantu KPU Papua jika diperlukan untuk mendistribusikan logistik pilkada ke daerah-daerah di pedalaman Papua.

“Selain bertugas untuk pengamanan pilkada, kami juga menunggu perintah atasan untuk membantu KPU dalam mendistribusikan logistik ke daerah-daerah pedalaman, tapi itu juga tergantung dari permintaan KPU. Jika kami diminta, maka kami siap melakukan tugas itu,” tandasnya. [Fendi]