Khairul Lie Himbau Masyarakat Waspada Penyakit Menular

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, saat memberikan keterangan kepada pers di Sentani/Fendi

SENTANI,– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie menghimbau masyarakat Kabupaten Jayapura untuk mewaspadai penyakit menular yang dibawa oleh warga dari luar Papua.

Dikatakan, dari data yang diperoleh dinas kesehatan Kabupaten Jayapura dari beberapa Puskesmas, ditemukan cukup banyak warga dari luar daerah yang datang memeriksakan diri ke puskesmas-puskesmas di Kabupaten Jayapura.

“Dari catatan beberapa puskesmas di Kabupaten Jayapura ini, ternyata cukup banyak pasien dari luar daerah yang memeriksakan diri ke puskesmas-puskesmas disini,” kata Khairul kepada pers di Sentani.

“Nah, penyebaran penyakit menular inikan tidak bisa kita hindari dengan adanya migrasi penduduk, kalau ada orang dari pegunungan atau Makassar atau Jakarta datang membawa TB, maka dia akan menyebarkan TB kepada masyarakat kita disini,” bebernya.

Apalagi kata Khairul, Bandara Sentani belum memiliki pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang masuk ke Kabupaten Jayapura, sehingga akan mudah warga baru datang membawa penyakit menular.

“Jadi beban Kabupaten Jayapura ini bukan hanya masyarakat yang disini, tetapi juga yang dari luar daerah, karena kita ini adalah daerah kedatangan. Belum lagi tingkat migrasi penduduk kita cukup tinggi, sehingga kami himbau warga kita untuk selalu waspada, dengan menjaga ketahanan tubuh,” ujarnya.

Adapun penyakit menular yang terdeteksi di beberapa puskesmas yang dibawa oleh warga dari luar daerah adalah, Tuberkolosis (TB), HIV, dan beberapa penyakit menular lainnya. *