42 dari 45 Orang Yang Amankan Saat Penggeledahan Rusunawa Sudah Dipulangkan

Warga Rusunawa saat berada di Polresta Kota Jayapura/Cholid

JAYAPURA,-Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Kota AKP AKP Hendrikus Yoshi Hendarata mengungkapkan tindak lanjut dari hasil penggeledahan yang dilakukan aparat gabungan TNI/Polri di Rumah susun mahasiswa (rusunawa) Perumnas III Waena, Rabu (4/4) kemarin, sedikitnya ada tiga dari 45 orang yang masih dalam proses pemeriksaan terkait dengan kasus pencurian kendaraan bermotor, kepemilikan narkotikan dan 159 unit Laptop yang diduga hasil curian sementara sisanya sudah dipulangkan sejak malam setelah dimintai keterangan.

“Kemarin ada 45 yang diamankan saat penggeledahan, namun tidak semua kami tahan, dimana semalam 26 orang sudah dipulangkan setelah dimintai keterangan, sedangkan 15 orangnya menyusul tadi pagi. Sementara tiga orang kami masih tahan untuk proses pengembangan terkait kepemilikan motor yang diduga hasil curian, Ganja dan laptop,” jelasnya saat ditemui di Mapolres Jayapura Kota, Kamis (5/4) siang.

Kata Hendrikus, ke empat terduga pelaku itu tidak semuanya ditangani oleh Sat Reskrim Polres Jayapura Kota, dimana tiga diantaranya Polsek Abepura untuk ditindak lanjuti atas laporan polisi yang sudah ada.

“Satu pelaku kami serahkan ke Sat Narkoba untuk pengembangan kepemilikan ganja, sementara tiganya kami serahkan di Polsek Abe terkait dengan ratusan laptop yang diduga hasil curian dan laporan polisi kasus curanmor,”teranganya.

Saat ditanyakan terkait dengan 35 unit motor apakah merupakan motor hasil curian? kata Hendrik pihaknya masih dalami namun tujuh unit dari motor tersebut merupakan motor hasil curian.

“Baru tujuh motor yang diketahui motor hasil curian dan sudah kami identifikasi pemilik motornya, sementara sisanya masih kami kembangkan dan berkoordinasi dengan Samsat,” singkatnya

Sementara itu terkait dengan temuan atribut Bintang Kejora, senjata tajam serta dua butir amunisi, kata Hendirkus pihaknya masih dalam proses penyilidikan lebih lanjut.

“Ya kalau itu kami akan dalami lagi, karena saat kami amankan barang tersebut ditemukan didalam ruangan kosong yang tidak ada penghuni, dan kami juga sudah mintai keterangan beberapa orang yang diamankan kemarin,”tuturnya.*