8 Pekerjaan Bergaji Besar dan Tak Butuh Gelar Tinggi

Net

WARTAPLUS - Anda pasti bertanya, apa bisa kerja tanpa gelar sarjana tapi memiliki gaji yang terbilang tinggi? Di zaman serba digital seperti sekarang, apa yang tak mungkin. Malahan Anda memiliki banyak pilihan.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh konsultan keuangan Finance di London, UK, beberapa industri pekerjaan berikut tidak membutuhkan gelar tinggi bagi para pekerjanya.

Marketing
Bukan zamannya lagi memandang sales sebagai pekerjaan biasa. Semua orang bisa saja jadi sales, hanya saja tidak semua orang bisa jadi sales yang sukses.

Jika Anda orang yang berpikir kreatif bahkan berbakat “jualan” dengan pendekatan yang persuasif, marketing adalah industri yang cocok untuk Anda. Gaji seorang sales executivelevel pemula adalah Rp7-12juta.

Well, angka gaji sales memang standar. Tapi ada peluang menumpuk penghasilan dari komisi penjualan yang bisa didapatkan dengan kemampuan berjualan Anda.

Level pekerjaan ini dimulai dari:
Junior Marketing Executive
Online Marketing Assistant
Events Marketing Assistant
Commercial Reporting Analyst

Sementara di level senior:
Head of Marketing
Marketing Manager
Marketing Executive

Industri Digital

Jika SEO, CRO, PPC dan Adwords adalah jargon cukup melekat di keseharian Anda, mungkin Anda telah siap untuk bekerja di industri digital.

Dalam industri yang bergerak cepat ini, bisa dibilang bahwa ilmu yang Anda pelajari saat meninggalkan universitas kemungkinan tidak relevan di masa mendatang karena pembaruan yang kerap dilakukan Google, yang membutuhkan para ahli teknologi untuk mempelajari strategi baru.

Gaji seorang Data Analyst pemula menurut studi serupa di Indonesia adalah Rp4-7juta. Gaji seorang programmer pemula rata-rata Rp 5-10 jutaan, dan bisa menyentuh angka hingga Rp20jutaan untuk tingkat senior. Tak hanya “meracik” formula program saja, beberapa posisi menarik di dunia digital berikut juga bisa jadi incaran Anda.

Posisi pemula biasanya:
PR & Social Media Assistant
Features Intern
Content Writer
Media Operations Assistant

Sementara posisi senior:
Head of SEO
PPC Manager
Digital Marketing Manager
Head of Digital Content

Divisi HRD

Jika Anda sangat terorganisir, berpengaruh saat berbicara kepada orang dan memberi opini yang didengarkan banyak orang terlebih dalam situasi sulit, maka berkarier di Human Resources bisa jadi rute yang cocok untuk pengembangan karier Anda.

Bergabung di divisi ini sejak awal dalam jejeran staf memastikan Anda untuk memiliki jenjang karier yang pasti. Dengan gaji rata-rata sekitar Rp3-8juta.

Personal Assistant

Berkarier sebagai Asisten Pribadi juga bisa cukup menjanjikan ketika Anda memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang Universitas. Positif adalah kunci dalam bisnis ini, mampu mengatur jadwal, sabar dan tetap tenang di bawah tekanan pun berpengaruh.

Banyak perusahaan memandang PA sebagai roda penggerak penting di dalam tempat kerja, dan gaji Asisten Pribadi dapat bervariasi tergantung pada lamanya layanan dan ruang lingkup kerja.

Cabin Crew

Meskipun mungkin memerlukan kualifikasi jenjang pendidikan, namun profesi ini juga terbuka untuk para pelamar yang tak bergelar sarjana.

Standar utamanya adalah menyelesaikan pelatihan standar maskapai penerbangan – biasanya memakan waktu empat minggu yang intens, baik itu pertemuan kelas dan praktik langsung.

Maskapai penerbangan diketahui menyediakan para stafnya dengan akomodasi di luar gaji untuk penerbangan jauh. Menurut beberapa sumber, gaji pramugari pemula rata-rata adalah Rp15juta per bulan.

Wiraswasta

Mungkin kehidupan kantor bukan untuk Anda, dan memulai bisnis sendiri seperti sebuah panggilan. Nah, yang ini tak perlu dipertanyakan lagi. Anda bisa bekerja di rumah dengan flesibilitas waktu yang tak tentu, namun pemasukan tetap datang selama Anda andal mempromosikan bisnis yang dikelola ya.

Siapapun punya bakat “unicorn” yang terpendam dan bila semakin diasah tentu ia akan “menghasilkan”. Mark Zuckerberg dan Bill Gates sama-sama "putus sekolah" dan membangun bisnis raksasa hingga beraset miliaran dollar.

Jika Anda termotivasi dan punya keyakinan besar, mungkin sekarang adalah waktu untuk mulai membangun kerajaan Anda sendiri.

Industri Fashion

Di industri kreatif, kualifikasi pengalaman sering kali menjadi standar untuk mendapatkan gaji yang diinginkan. Tapi tentu saja perjalanan untuk sampai ke “atas” sangat menuntut kerja keras dan bayaran rendah di permulaannya.

Jika Anda bersedia mulai dari bawah, dapatkan pengalaman yang bisa Anda dapat untuk memperkuat portofolio CV, serta representasi visual atas hasil kerja keras Anda.

Food Stylist

Anda sering melihat foto-foto makanan yang menggiurkan di majalah dan media sosial. Seorang food stylist adalah peran penting di balik itu semua. Tugasnya adalah menata makanan semenarik mungkin sehingga terlihat menggugah selera. Karya-karya food stylistbisa dihargai hingga puluhan juta, lho. [net]