Hendak Gali Parit, Warga Temukan Rudal Aktif Peninggalan Perang Dunia Kedua

Rudal peninggalan perang dunia kedua yang ditemukan warga/Istimewa

SENTANI,- Warga perumahan hawai Sentani Kabupaten Jayapura dikejutkan dengan temuan rudal peninggalan perang dunia kedua, Senin (26/3).

Informasi yang dihimpun, rudal berdiameter sekitar 75 cm dan 27 cm itu pertama kali ditemukan oleh Mabipai Poge dan Emigaey Soda yang sedang melakukan penggalian untuk membuat parit.

Mulanya, kedua pekerja itu mengira jika rudal tersebut merupakan besi tua. Saat ditelisik lebih lanjut, baru diketahui jika besi itu merupakan rudal, sehingga langsung melaporkan temuan ini ke kantor polisi sektor sentani kota.

Dikonfirmasi melalui saluran telepon, Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, dan mengungkapkan bahwa rudal tersebut ditemukan pada senin pagi dan baru dilaporkan pada Selasa siang.

"Ya benar, temuan itu sudah dari kemarin, tapi baru dilaporkan ke kita tadi siang, sehingga saya dan petugas langsung turun dan mengamankan lokasi," kata Hakim Sode, Selasa (27/3) petang.

Lanjut Hakim, usai mengamankan lokasi, pihaknya berkoordinasi dengan tim penjinak bom Polda Papua dan melakukan identifikasi.

"Rudal ini adalah peninggalan perang dunia II, dan dugaan sementara rudal ini masih aktif. Saat ini rudal tersebut sudah ditangani dan diamankan oleh Tim Jibom Brimob Polda Papua untuk diidentifikasi dan dimusnakan," bebernya.

Temuan tersebut sontak mengundang perhatian para warga. Mereka datang silih berganti untuk menyaksikan secara langsung penemuan itu. Sehingga untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, maka pihak kepolisian sektor Sentani Kota langsung mengamankan lokasi penemuan dengan memasang garis kuning polisi. *