JWW Disambut Gembira Pedagang Mama-Mama Papua

Calon Gubernur Provinsi Papua, John Wempi Wetipo (JWW) saat berbincang dengan salah satu Mama-mama pedagang/Djarwo

JAYAPURA,- Calon Gubernur Provinsi Papua, John Wempi Wetipo (JWW), menyempatkan diri menyinggahi para pedagang yang berada di Pasar Mama-Mama Papua, Jumat (23/3).

Dalam blusukannya itu, John Wempi Wetipo disambut gembira para Mama Pedagang. Satu persatu meminta John Wempi untuk menyinggahi lapak jualan mereka.

Berdasarkan pantauan, Mama-mama Papua terlihat girang dan antusias bisa melihat secara dekat calon gubernur nomor urut 2 tersebut.

Atas permintaan para pedagang, JWW menyinggahi lapak jualan mereka satu persatu, menyalami dan mendengarkan keluh kesah mereka.

Yakoba, salah satu mama Papua yang berdagang di pasar tersebut mengungkapkan bahwa dirinya bersama para pedagang lain sangat senang telah diberikan tempat yang layak untuk berjualan. "Kami senang bisa berjualan disini, karena fasilitasnya sudah sangat lengkap," katanya.

Meski demikian, dirinya juga mengeluhkan pendapatan yang ia peroleh setiap harinya dari hasil berjualan yang masih sangat minim. Hal tersebut menurutnya karena kurangnya minat warga Kota Jayapura untuk berbelanja di pasar tersebut.

"Pasar ini memang bagus sekali tapi pembeli masih kurang, jadi kadang kita mau jualan banyak juga masih ragu, takut jualan kita ini tidak habis karena kita ini juga punya modal kecil," ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan jika JWW terpilih sebagai gubernur Papua nantinya agar bisa meningkatkan kesejahteraan para pedagang khususnya Orang Asli Papua (OAP).

"Kami berharap, kalau nanti beliaun terpilih menjadi gubernur supaya bisa lebih perhatian kepada kita, kalau bisa bantu kita modal juga walau hanya sedikit," pungkasnya.

JWW yang ditemui wartawan usai blusukan di Pasar Mama-mama Papua mengatakan, pasar yang diresmikan beberapa waktu lalu ini sudah sangat bagus dan fasilitasnya sangat lengkap.

Lanjutnya, harus ada orang yang mampu mengkoordinir semua pedagang yang ada di pasar tersebut.

"Supaya ada orang hang bisa mengatur, melati dan mendidik para pedagan ini supaya usaha mama-mama ini teratur dengan baik," kata JWW.

JWW juga berjanji, jika dirinya bersama Habel Melkias Suwae (HMS) terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Papua akan memberikan modal kepada para pedagang-pedagang kecil.

"Dan itu bersumber dari dana Otsus (Otonomi Khusus). Kita modalin mereka supaya mereka lebih kuat, karena mereka juga menghidupi keluarganya," ujar JWW.

Menurut JWW jika mama-mama Papua ini berjualan dengan modal yang pas-pasan sudah pasti tidak bisa bertahan lama.

"Dengan niat yang baik kita datang ke pasar ini kita sudah melihat sesuatu hal yang nyata ada didepan kita. Kalau hanya siapkan tempat ya, oke tapi kalau mereka tidak punya kemampuan untuk modal itukan susah juga. Jadi saya pikir kita mesti seimbang dan kedepannya kota harus bisa berbuat seseuatu untuk mereka," tuturnya.

Selain akan memberikan modal JWW juga mengatakan akan ada konsep Berdikari (Berdiri di atas kaki sendiri) sehingga para pedagang ini bisa mandiri. *