Warga Sentani Temukan Lima Bom Peninggalan Perang Dunia II Saat Mencangkul di Kebun

Personel Jibom Sat Brimob Polda Papua memeriksa mortir yang ditemukan di Kompleks Kehutanan Belakang Kantor Bupati Gunung Merah Kabupaten Jayapura, Senin (19/2)/Fendi

SENTANI,- Seorang warga Sentani Kabupaten Jayapura bernama Eddi Kondi (44) menemukan lima buah bom saat mencangkul di kebunnya, yang berada di Kompleks Kehutanan Belakang Kantor Bupati Gunung Merah Kabupaten Jayapura, Senin (19/2) pukul 09.00 WIT.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, menjelaskan, penemuan tersebut berawal saat Eddi Kondi sedang mencangkul tanah dikebunnya kemudian menemukan 5 buah bom peninggalan perang dunia ke-2 yang terbungkus didalam sebuah karung.

"Saat itu pak Eddi sementara mencangkul, dan cangkulnya mengenai benda keras, awalnya ia mengira batu, sehingga berniat menyingkirkannya, namun saat mau diambil ternyata itu adalah bom," kata Kapolres saat dikonfirmasi wartaplus.com, Selasa (20/2).

Setelah penemuan tersebut, saksi langsung melaporkan kepada RW setempat dan dilanjutkan ke pihak kepolisian Polres Jayapura. "Setelah menerima laporan, kita langsung ke TKP dan mengamankan lokasi penemuan, sambil menunggu Tim Gegana Brimob Polda Papua," ujarnya.

Lanjut kapolres, sekitar pukul 16.50 WIT Tim Gegana Jibom Brimob Polda Papua bersama dengan tim Inafis Reskrim Polres Jayapura tiba di TKP dan mengamankan barang bukti selanjutnya melakukan pengukuran barang bukti dan mengamankan BB tersebut didalam mobil jibom.

"Kesimpulan dari tim Gegana Brimob Polda Papua bahwa kelima bom tersebut masih aktif, namun akan dilakukan pemeriksaan lanjut di Mako Brimob Kotaraja Kodya Jayapura," tandasnya. [Fendi]