Pembangunan Palapa Ring di Yalimo dan Mamteng Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Kepala Diskominfo Papua Kansiana Salle/Istimewa

JAYAPURA, – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Papua mengklaim pembangunan Palapa Ring di Kabupaten Yalimo dan Mamberamo Tengah ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Kepala Diskominfo Papua Kansiana Salle, di Jayapura, Minggu (18/3) menyatakan, kendala lahan yang sebelumnya sempat menghambat pembangunan sudah diselesaikan.

“Penegasan ini sekaligus mengklarifikasi pemberitaan sebelumnya, yang menyebut pembangunan Palapa Ring di Yalimo dan Mamberamo Tengah terkendala soal lahan. Memang sebelumnya sempat terkendala tapi kini semua sudah terselesaikan,” tegas Kansiana

Dia menjelaskan, dalam pembangunan Palapa Ring sebagian besar kabupaten bahkan sudah menggelar pemasangan kabel fiber optik. Seperti Kabupaten Nabire, Merauke, Boven Digoel dan sekitarnya.

Meski demikian, ungkap Kansiana, tidak semua kabupaten menggunakan kabel fiber optik. Sekitar 11 lokasi, dipastikan mengkombinasikan pemasangan kabel tersebut dengan microwave (radio), karena letak geografi maupun topografi yang sulit.

“Kenapa harus kombinasi dengan microwave, sebab daerah itu tidak sepenuhnya bisa ditarik dengan kabel fiber optik. Dan ini umumnya di daerah pegunungan," ungkapnya.

“Kalau ditanya apakah kualitas jaringan terpengaruh? Jujur sedikit lebihnya ada karena cuaca. Namun hal ini jauh lebih baik daripada menggunakan v-sat yang butuh biaya besar untuk sewanya. Ini juga baik untuk efisien di masa mendatang, sehinga kabupaten bisa lakukan penghematan,” jelasnya.

Kansiana menambahkan, walau pembangunan Palapa Ring rampung pada Desember mendatang, namun jaringan telekomunikasi tak bakal langsung on (nyala). Karenanya, dia mendorong seluruh provider telekomunikasi yang ada bisa segera memanfaatkan jalur itu.

“Sebab jika pihak provider seperti Telkomsel, Indosat dan XL belum masuk maka jaringan tentu belum akan ada," terangnya.

Kansiana berharap setelah Palapa Ring selesai, para provider segera memanfaatkan jalur yang ada untuk memberikan layanan telekomunikasi bagi masyarakat. *