Papua Ekspor Ikan

Dua Bulan Lagi, Papua Bisa Ekspor Ikan 

Menteri Susi saat berdialog diatas kapan Greenpeace/Ola

SORONG,-Sekitar dua bulan lagi, Pelindo IV dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mulai melakukan ekspor perdana hasil tangkapan nelayan ke berbagai Negara. Hal tersebut disampaikan Susi disela-sela kunjungan kerjanya di Sorong, Papua Barat, Sabtu (17/3).

Pernyataan tersebut disampaikan Susi saat menjawab pertanyaan wartaplus.com yang menanyakan mengenai keluhan nelayan tradisional terkait hasil tangkapan yang kerap dijual seadanya di pasar dengan nilai jual seadanya.

Menanggapi hal tersebut, Susi mengakui bahwa Papua memiliki kekayaan laut yang luar biasa dan sudah seharusnya melakukan upaya ekspor ke beberapa negara yang membutuhkan konsumsi makanan laut.

"Kami dengan Pelindo IV sudah melakukan kerjasama untuk menyiapkan cold storage serta beberapa kapal apung yang akan membeli langsung Ikan dari nelayan untuk kemudian di packing dan di ekspor langsung dari Papua," terang Susi.

Diharapkan sebagai lumbung makanan laut, kebijakan tersebut dapat mendatangkan kesejahteraan bagi nelayan tradisional Papua.*