Teknologi Baru, Ban Mobil yang Bisa Hasilkan Listrik Serta Oksigen

istimewa

WARTAPLUS - Bukan hanya pabrikan kendaraan saja yang gencar berinovasi melahirkan kendaraan ramah lingkungan, namun juga pabrikan ban.

Untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan, Goodyear memperkenalkan ban konsep terbarunya bernama Oxygene, di Geneva International Motor Show 2018.

Ban baru tersebut diperkenalkan oleh Presiden Goodyear untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, Chris Delaney.

Ban yang memiliki bentuk cukup aneh ini berisi lumut hidup, yang tumbuh di sisi samping dalam ban. Lumut hidup ini akan berfotosintesis dengan menyerap kelembaban air dari permukaan jalan, untuk kemudian melepaskan oksigen ke udara.

Selain itu, karbon dioksida atau CO2 dari udara juga diserap dari tapak ban untuk menyuplai elemen penting yang dibutuhkan lumut.

Bahkan, si karet bundar ini dapat menghasilkan listrik yang didapat selama masa fotosintesis, untuk menyalakan fitur yang membutuhkan energi listrik.

“Inovasi terhadap infrastruktur dan transportasi yang lebih cerdas dan ramah lingkungan menjadi sangat penting, terutama dalam mengatasi tantangan mobilitas dan pembangunan perkotaan yang mendesak,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Kamis 15 Maret 2018.

Sementara itu, untuk bahan karetnya menggunakan serbuk karet hasil daur ulang ban. “Dengan cara ini, Goodyear berkontribusi terhadap udara yang lebih bersih,’ tuturnya. [net]